Page 372 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 372

menyediakan sekitar dirinya, semakin mudah ditempatkan ke dalam demografis
                 tertentu untuk data agregasi dan selanjutnya ditargetkan iklan media sosial
                 sebagai berikut.
                 a.  Facebook

                    Facebook adalah situs jaringan sosial terbesar dan fakta ini saja sudah cukup untuk
                    membuat pemasaran yang sangat kuat. Facebook akhirnya dimanfaatkan
                    untuk  membantu  para  produsen dalam melakukan penjualan, baik
                    individu maupun perusahaan. Hal ini sangat dimungkinkan karena
                    jangkauan  Facebook yang luas ditandai dengan jumlah  anggota  yang
                    mencapai jutaan orang. Sebagaimana diketahui, pengguna  Facebook
                    Indonesia ada di peringkat ke-4 besar dunia sebagaimana dikutip oleh
                    Kemenkominfo  (http://kominfo.go.id/  index.php/content/detail/3415/Kominfo
                    +%3A+Pengguna+Internet+di+Indonesia+63+Juta+Orang/0/berita_satker#.U_
                    xlyKNfX7p).

                    Jumlah pengguna Facebook di Indonesia kini mencapai 69 juta orang. Pernyataan
                    resmi tersebut dikeluarkan kepala Facebook Indonesia, Anand Tilak, seperti dikutip
                    VentureBeat. Padahal, enam bulan sebelumnya, jumlah pengguna Facebook di
                    Indonesia hanya 65 juta  orang  atau naik sekitar 6  persen (http://www.tempo.
                    co/read/news/2014/06/29/072588907/Pengguna-Facebook-di-Indonesia-Naik-6-
                    Persen).
                    Iklan Facebook memang indah karena dapat menyebarkan informasi
                    produk secara secara gratis dan berbayar. Untuk aktivitas iklan yang gratis,
                    pertama-tama, yang harus disiapkan adalah mengajak orang-orang untuk
                    bergabung dalam anggota halaman produk yang ingin disebarluaskan
                    informasinya. Setelah itu, tinggal di-manage halamannya dengan
                    memberikan informasi yang berguna secara berkala dengan harapan
                    para anggota tetap terikat dengan produk.
                    Iklan di Facebook ditempatkan di sebelah kanan halaman muka atau pada
                    halaman profil  Facebook dan halaman penggemar, di bawah  header
                    ”sponsor“ yang jelas menunjukkan sifat  dari  link yang tercantum seperti
                    terlihat pada gambar berikut.




                 362
   367   368   369   370   371   372   373   374   375   376   377