Page 371 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 371
UNIVERSITAS TERBUKA DI ERA INFORMASI
Objectives
Owned Paid Earned
Sumber: Inbound (2013).
Gambar 10.
Digital Asset UT dalam Program Digital Marketing
Dari Gambar 6 sampai dengan Gambar 10 tersebut, dapat dijelaskan bahwa
proses implementasi program digital marketing UT ke depan meliputi
berbagai jenis social media, salah satunya dengan memberikan informasi
ataupun iklan pada media sosial. Iklan social media adalah bentuk iklan online
yang ditargetkan berdasarkan informasi yang diberikan oleh anggota layanan
media sosial. Sementara itu, media sosial iklan telah dipuji oleh beberapa
orang sebagai sebuah revolusi dalam pemasaran langsung, tetapi juga membawa
banyak masalah privasi. Kekhawatiran ini berasal sebagian besar dari distribusi
informasi anggota diakuisisi oleh pihak ketiga, seperti aplikasi dan platform
lainnya tidak diciptakan oleh layanan media sosial itu sendiri.
Langkah pertama dalam iklan media sosial, yaitu memperoleh anggota dengan
mendorong orang untuk mendaftar media sosial tertentu, seperti situs
jejaring sosial seperti Facebook, Linkedin, atau Twitter. Layanan ini pertama akan
mengumpulkan informasi kontak dasar dari anggota, seperti namanya, alamat
email, atau nomor telepon. Layanan ini kemudian akan mendorong anggota
untuk mengisi kolom informasi lain yang mungkin murni sukarela, seperti
usia, jenis kelamin, lokasi, hobi, dan minat. Semakin banyak informasi anggota yang
361