Page 371 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 371

UNIVERSITAS TERBUKA DI ERA INFORMASI




                                                 Objectives






                                       Owned          Paid         Earned








                                             Sumber: Inbound (2013).

                                                Gambar 10.
                                   Digital Asset UT dalam Program Digital Marketing


                      Dari Gambar 6 sampai dengan Gambar 10 tersebut, dapat dijelaskan bahwa
                      proses implementasi program  digital marketing UT ke depan meliputi
                      berbagai  jenis  social media,  salah  satunya  dengan  memberikan  informasi
                      ataupun iklan pada media sosial. Iklan social media adalah bentuk iklan online
                      yang ditargetkan berdasarkan informasi yang diberikan oleh anggota layanan
                      media sosial. Sementara itu, media sosial iklan telah dipuji oleh  beberapa
                      orang sebagai sebuah revolusi dalam pemasaran langsung, tetapi juga membawa
                      banyak masalah privasi. Kekhawatiran ini berasal sebagian besar dari distribusi
                      informasi anggota diakuisisi oleh pihak ketiga, seperti aplikasi dan  platform
                      lainnya tidak diciptakan oleh layanan media sosial itu sendiri.
                      Langkah pertama dalam iklan media sosial, yaitu memperoleh anggota dengan
                      mendorong orang untuk mendaftar media sosial tertentu, seperti situs
                      jejaring sosial seperti Facebook, Linkedin, atau Twitter. Layanan ini pertama akan
                      mengumpulkan informasi kontak dasar dari anggota,  seperti  namanya,  alamat
                      email, atau nomor telepon. Layanan ini kemudian  akan  mendorong  anggota
                      untuk mengisi kolom informasi lain yang  mungkin  murni  sukarela,  seperti
                      usia, jenis kelamin, lokasi, hobi, dan minat. Semakin banyak informasi anggota yang


                                                                                 361
   366   367   368   369   370   371   372   373   374   375   376