Page 380 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 380

strategi email marketing. Langkah-langkah tersebut dapat dijelaskan dengan
                 gambar berikut.




























                                        Sumber: Inbound (2013).

                                           Gambar 17.
                                  Rencana Aktivitas Digital Marketing UT

                 Strategi keempat adalah pengukuran kemampuan website dengan alat yang dapat
                 dipergunakan dan meliputi google analytic, webmastertool, google trends, alexa,
                 adwords keyword tools, raven, SEOMoz, clicktale, google search, dan page rank
                 info. Aktivitas pengukuran dapat dijabarkan melalui strategi ini mulai dari efektivitas
                 search engine optimization,  campaign ads, pengunjung  web, hingga konten dan
                 konversi gol. Efektivitas search engine optimization dapat dinilai melalui alexa
                 rank, page rank, index page, ranking keyword, click through rate, organic traffic, dan back
                 link. Sementara itu, efektivitas campaign ads dapat dinilai melalui impresi, click
                 through rate, dan cost per click. Selain itu, pendekatan visitor website www.
                 ut.ac.id dilakukan guna mengidentifikasi siapa pengunjung website, dari




                 370
   375   376   377   378   379   380   381   382   383   384