Page 380 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 380
strategi email marketing. Langkah-langkah tersebut dapat dijelaskan dengan
gambar berikut.
Sumber: Inbound (2013).
Gambar 17.
Rencana Aktivitas Digital Marketing UT
Strategi keempat adalah pengukuran kemampuan website dengan alat yang dapat
dipergunakan dan meliputi google analytic, webmastertool, google trends, alexa,
adwords keyword tools, raven, SEOMoz, clicktale, google search, dan page rank
info. Aktivitas pengukuran dapat dijabarkan melalui strategi ini mulai dari efektivitas
search engine optimization, campaign ads, pengunjung web, hingga konten dan
konversi gol. Efektivitas search engine optimization dapat dinilai melalui alexa
rank, page rank, index page, ranking keyword, click through rate, organic traffic, dan back
link. Sementara itu, efektivitas campaign ads dapat dinilai melalui impresi, click
through rate, dan cost per click. Selain itu, pendekatan visitor website www.
ut.ac.id dilakukan guna mengidentifikasi siapa pengunjung website, dari
370