Page 381 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 381

UNIVERSITAS TERBUKA DI ERA INFORMASI

                      mana pengunjung datang, hal apa yang dicari dan dari mana sumbernya, keterikatan
                      visitor, perilaku  visitor, serta media yang digunakan oleh  visitor. Aktivitas
                      pengukuran konten dapat diukur melalui penentuan keyword dan landing page.
                      Sementara itu, strategi yang terakhir adalah perhitungan revenue on investment.


                      7.  Penutup

                      Berdasarkan paparan di atas, dapatlah disimpulkan bahwa teknologi, informasi,
                      dan  komunikasi  (TIK)  berkembang  dari  masa  ke  masa.  Pemasaran  telah
                      berkembang menjadi sangat berbasis teknologi. Oleh sebab itu, strategi digital
                      marketing sangat penting untuk dikembangkan karena dapat menargetkan
                      pasar yang berpotensial dan mengurangi banyak biaya. Berdasarkan analisis
                      pada makalah, disimpulkan bahwa UT sedang dalam proses pengembangan
                      dan implementasi program  digital marketing dan ke depannya strategi
                      digital marketing  UT masih perlu dikembangkan sesuai dengan pedoman
                      pelaksanaan program digital marketing yang telah ada. UT sebagai pemimpin
                      pasar dalam pendidikan jarak jauh yang selalu fokus pada kualitas produk dan
                      layanan stakeholders akan terus memperbaiki sistem dan menerapkan strategi
                      digital marketing dengan bantuan dari kontrol internal manajemen puncak
                      dan konsultasi pihak eksternal. Melalui program digital marketing, diharapkan
                      masyarakat akan lebih mengenal keberadaan (brand awareness) UT yang pada
                      akhirnya akan meningkatkan jumlah calon mahasiswa yang meregistrasi ke
                      program studi-program studi yang ada.






















                                                                                 371
   376   377   378   379   380   381   382   383   384