Page 381 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 381
UNIVERSITAS TERBUKA DI ERA INFORMASI
mana pengunjung datang, hal apa yang dicari dan dari mana sumbernya, keterikatan
visitor, perilaku visitor, serta media yang digunakan oleh visitor. Aktivitas
pengukuran konten dapat diukur melalui penentuan keyword dan landing page.
Sementara itu, strategi yang terakhir adalah perhitungan revenue on investment.
7. Penutup
Berdasarkan paparan di atas, dapatlah disimpulkan bahwa teknologi, informasi,
dan komunikasi (TIK) berkembang dari masa ke masa. Pemasaran telah
berkembang menjadi sangat berbasis teknologi. Oleh sebab itu, strategi digital
marketing sangat penting untuk dikembangkan karena dapat menargetkan
pasar yang berpotensial dan mengurangi banyak biaya. Berdasarkan analisis
pada makalah, disimpulkan bahwa UT sedang dalam proses pengembangan
dan implementasi program digital marketing dan ke depannya strategi
digital marketing UT masih perlu dikembangkan sesuai dengan pedoman
pelaksanaan program digital marketing yang telah ada. UT sebagai pemimpin
pasar dalam pendidikan jarak jauh yang selalu fokus pada kualitas produk dan
layanan stakeholders akan terus memperbaiki sistem dan menerapkan strategi
digital marketing dengan bantuan dari kontrol internal manajemen puncak
dan konsultasi pihak eksternal. Melalui program digital marketing, diharapkan
masyarakat akan lebih mengenal keberadaan (brand awareness) UT yang pada
akhirnya akan meningkatkan jumlah calon mahasiswa yang meregistrasi ke
program studi-program studi yang ada.
371