Page 363 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 363

UNIVERSITAS TERBUKA DI ERA INFORMASI

                      e-commerce yang merupakan sistem perdagangan melalui internet, yaitu
                      internet  akan  terus  memberikan  sifat  yang  up to date  maka  perusahaan
                      dapat memberikan layanan informasi produk yang ditawarkan secara jelas
                      dan mudah. Berdasarkan pengertian di atas, dapat disimpulkan e-marketing
                      adalah proses dan aktivitas pemasaran produk atau jasa perusahaan dengan
                      menggunakan  media elektronik, seperti  internet  untuk  memberikan
                      informasi, mengidentifikasi kebutuhan pelanggan, dan mengevaluasi strategi
                      pemasaran.


                      3.  Efektivitas dan Keunggulan Digital Marketing
                      Menurut Jagdish N. Sheth (2005), dalam jurnalnya yang berjudul “International
                      E-Marketing: Opportunities and Issues”, keuntungan utama e-marketing
                      adalah mengurangi biaya dan meningkatkan jangkauan. Biaya platform untuk
                      e-marketing  biasanya  lebih  rendah  daripada  platform  pemasaran  lainnya,
                      seperti face-to-face atau perantara penjual/distributor. Selain itu, e-marketing
                      memungkinkan perusahaan untuk menjangkau pelanggan yang tidak dapat
                      diakses karena keterbatasan waktu dan lokasi dari saluran distribusi yang ada.
                      Platform untuk e-marketing meningkatkan jangkauan dan mengurangi biaya
                      dengan menyediakan tiga keuntungan sebagai berikut. 
                      Pertama, pemasar dapat memberikan informasi terbatas untuk pelanggan
                      tanpa campur tangan manusia. Ini merupakan keuntungan lebih dari bentuk-
                      bentuk lain dari kontak karena jumlah informasi yang dapat diberikan jauh
                      lebih besar daripada dalam bentuk komunikasi lainnya. Selain itu, yang lebih
                      penting, informasi tersebut dapat diberikan dalam bentuk yang pelanggan
                      dapat dengan mudah proses dan pahami. Sebagai contoh, penjadwalan
                      dan sistem reservasi maskapai penerbangan yang sangat sulit untuk dibuat
                      dan dijaga dalam melayani kebutuhan individu. Selain itu, dalam konteks ini,
                      pilihannya besar dan sulit untuk menyediakan dalam format yang lebih baik
                      bahwa format e-marketing atau web-based. 

                      Kedua, perusahaan e-marketing dapat membuat interaksi dengan
                      menyesuaikan informasi bagi nasabah perorangan yang memungkinkan
                      pelanggan  untuk  merancang  produk  dan jasa yang  memenuhi  kebutuhan



                                                                                 353
   358   359   360   361   362   363   364   365   366   367   368