Page 363 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 363
UNIVERSITAS TERBUKA DI ERA INFORMASI
e-commerce yang merupakan sistem perdagangan melalui internet, yaitu
internet akan terus memberikan sifat yang up to date maka perusahaan
dapat memberikan layanan informasi produk yang ditawarkan secara jelas
dan mudah. Berdasarkan pengertian di atas, dapat disimpulkan e-marketing
adalah proses dan aktivitas pemasaran produk atau jasa perusahaan dengan
menggunakan media elektronik, seperti internet untuk memberikan
informasi, mengidentifikasi kebutuhan pelanggan, dan mengevaluasi strategi
pemasaran.
3. Efektivitas dan Keunggulan Digital Marketing
Menurut Jagdish N. Sheth (2005), dalam jurnalnya yang berjudul “International
E-Marketing: Opportunities and Issues”, keuntungan utama e-marketing
adalah mengurangi biaya dan meningkatkan jangkauan. Biaya platform untuk
e-marketing biasanya lebih rendah daripada platform pemasaran lainnya,
seperti face-to-face atau perantara penjual/distributor. Selain itu, e-marketing
memungkinkan perusahaan untuk menjangkau pelanggan yang tidak dapat
diakses karena keterbatasan waktu dan lokasi dari saluran distribusi yang ada.
Platform untuk e-marketing meningkatkan jangkauan dan mengurangi biaya
dengan menyediakan tiga keuntungan sebagai berikut.
Pertama, pemasar dapat memberikan informasi terbatas untuk pelanggan
tanpa campur tangan manusia. Ini merupakan keuntungan lebih dari bentuk-
bentuk lain dari kontak karena jumlah informasi yang dapat diberikan jauh
lebih besar daripada dalam bentuk komunikasi lainnya. Selain itu, yang lebih
penting, informasi tersebut dapat diberikan dalam bentuk yang pelanggan
dapat dengan mudah proses dan pahami. Sebagai contoh, penjadwalan
dan sistem reservasi maskapai penerbangan yang sangat sulit untuk dibuat
dan dijaga dalam melayani kebutuhan individu. Selain itu, dalam konteks ini,
pilihannya besar dan sulit untuk menyediakan dalam format yang lebih baik
bahwa format e-marketing atau web-based.
Kedua, perusahaan e-marketing dapat membuat interaksi dengan
menyesuaikan informasi bagi nasabah perorangan yang memungkinkan
pelanggan untuk merancang produk dan jasa yang memenuhi kebutuhan
353