Page 364 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 364
spesifik mereka (Watson et al, 2002). Misalnya, online checking dan seat
assignment bisa dilakukan di internet. Akhirnya, platform untuk e-marketing
dapat memungkinkan transaksi antara pelanggan dan perusahaan yang
biasanya akan membutuhkan kontak manusia seperti dalam kasus perusahaan
yang sukses, seperti Dell dan Amazon.com. Pada umumnya, strategi
pemasaran melalui sebuah web di internet sama seperti strategi pemasaran
secara tradisional (traditional marketing), yaitu meliputi penciptaan nilai
pelanggan, merebut nilai pelanggan, dan mempertahankan nilai pelanggan
(Eid dan Trueman, 2002).
Ketiga, keuntungan digital marketing dibandingkan dengan pemasaran
tradisional dapat dijelaskan sebagai berikut. Pertama, menurut the traditional
3-step mental mode, brand awarenes sebagai stimulus, on the store sebagai first
moment of truth, dan experience the product sebagai second moment of truth.
Kedua, dalam konsep the new mental mode: zero moment of truth (ZMOT),
digunakan tahap yang sama dengan pendekatan traditional 3-step mental
mode. Namun, setelah brand awareness, ada tahap saat masyarakat melakukan
search on internet. Dampak dari ZMOT dalam digital marketing sangat luar
biasa. Dengan stimulus sebesar 76%, ZMOT mencapai 85% dan FMOT
74%, pemasaran digital memiliki dampak yang lebih tinggi dibandingkan
pemasaran tradisional. Berikut ini pada Gambar 2 tampak perbandingan
antara ZMOT dan FMOT pada berbagai industri.
354