Page 364 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 364

spesifik mereka (Watson et al, 2002). Misalnya, online checking dan seat
                 assignment bisa dilakukan di internet. Akhirnya, platform untuk e-marketing
                 dapat memungkinkan transaksi antara pelanggan dan perusahaan yang
                 biasanya akan membutuhkan kontak manusia seperti dalam kasus perusahaan
                 yang sukses, seperti Dell dan Amazon.com. Pada umumnya, strategi
                 pemasaran melalui sebuah web di internet sama seperti strategi pemasaran
                 secara tradisional (traditional marketing), yaitu meliputi penciptaan nilai
                 pelanggan, merebut nilai pelanggan, dan mempertahankan nilai pelanggan
                 (Eid dan Trueman, 2002).

                 Ketiga, keuntungan  digital  marketing dibandingkan dengan pemasaran
                 tradisional dapat dijelaskan sebagai berikut. Pertama, menurut the traditional
                 3-step mental mode, brand awarenes sebagai stimulus, on the store sebagai first
                 moment of truth, dan experience the product sebagai second moment of truth.
                 Kedua,  dalam  konsep  the  new  mental  mode:  zero  moment  of  truth  (ZMOT),
                 digunakan tahap yang sama dengan pendekatan  traditional 3-step mental
                 mode. Namun, setelah brand awareness, ada tahap saat masyarakat melakukan
                 search on internet. Dampak dari ZMOT dalam digital  marketing sangat luar
                 biasa. Dengan stimulus sebesar 76%, ZMOT mencapai 85% dan FMOT
                 74%, pemasaran digital memiliki dampak yang lebih tinggi dibandingkan
                 pemasaran tradisional. Berikut ini pada Gambar 2 tampak perbandingan
                 antara ZMOT dan FMOT pada berbagai industri.
























                 354
   359   360   361   362   363   364   365   366   367   368   369