Page 359 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 359
UNIVERSITAS TERBUKA DI ERA INFORMASI
yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka
butuhkan dan inginkan melalui penciptaan dan pertukaran timbal balik
produk dan nilai. Dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi dan
komunikasi (TIK), sosialisasi atau pemasaran PT pun telah melengkapi dirinya
dengan perangkat internet yang dikemas dalam program digital marketing
atau e-marketing.
Kondisi ini ditunjang dengan perkembangan pengguna internet di Indonesia
yang sangat pesat dari tahun ke tahun sebagaimana ditunjukkan oleh Asosiasi
Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII) pada Gambar 1 (Sumber: http://www.
slideshare.net/thinkfresh1/ indonesia-digital-landscape011013? related=1).
Gambar 1.
Pengguna Internet di Indonesia
Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mencatat saat ini
pengguna internet di Indonesia mengalami peningkatan yang signifikan,
yakni mencapai 82 juta orang di triwulan pertama tahun 2014. Dengan
capaian tersebut, Indonesia kini berada pada peringkat 8 dunia. Jumlah
tersebut mengalami kenaikan dari tahun 2013 yang mencapai angka 71,19
349