Page 359 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 359

UNIVERSITAS TERBUKA DI ERA INFORMASI

                      yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka
                      butuhkan dan inginkan melalui penciptaan dan pertukaran timbal balik
                      produk dan nilai. Dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi dan
                      komunikasi (TIK), sosialisasi atau pemasaran PT pun telah melengkapi dirinya
                      dengan perangkat internet yang dikemas dalam  program digital marketing
                      atau e-marketing.
                      Kondisi ini ditunjang dengan perkembangan pengguna internet di Indonesia
                      yang sangat pesat dari tahun ke tahun sebagaimana ditunjukkan oleh Asosiasi
                      Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII) pada Gambar 1 (Sumber: http://www.
                      slideshare.net/thinkfresh1/ indonesia-digital-landscape011013? related=1).

























                                                 Gambar 1.
                                         Pengguna Internet di Indonesia

                      Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mencatat saat ini
                      pengguna internet di Indonesia mengalami peningkatan yang signifikan,
                      yakni mencapai 82 juta orang di triwulan pertama tahun 2014. Dengan
                      capaian  tersebut,  Indonesia  kini  berada  pada  peringkat  8  dunia.  Jumlah
                      tersebut mengalami kenaikan dari tahun 2013 yang mencapai angka 71,19




                                                                                 349
   354   355   356   357   358   359   360   361   362   363   364