Page 360 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 360

juta orang dan pada tahun 2012 baru berjumlah 63 juta orang. Artinya, setiap
                 tahunnya pengguna internet di Indonesia terus mengalami peningkatan yang
                 signifikan. Penetrasi peningkatan pengguna internet di Indonesia adalah
                 28 persen. Direktur Pemberdayaan Informatika, Direktorat Jenderal Aplikasi
                 Informatika (Aptika) Kementerian Kominfo, Septriana Tangkary, mengatakan,
                 pada awal tahun 2014 ini, 80 persen dari jumlah tersebut didominasi oleh
                 para remaja berusia 15-19 tahun. Adapun pengguna  Facebook, Indonesia
                 di peringkat ke-4 besar dunia menurut situs resmi Kemenkominfo, Selasa,
                 13/5/2014 (Amarullah, 2014).

                 Pesatnya perkembangan teknologi dan informasi di era globalisasi saat ini
                 mengubah pola pemasaran dalam menarik pengguna produk ataupun jasa.
                 Data statistik tentang jumlah masyarakat Indonesia yang mengakses konten
                 online dan sosial media oleh US Sencus Bureau, Internet World Stats, Facebook,
                 ITU (2014) sangat menggembirakan. Pertumbuhan  pengguna internet,
                 pengguna ponsel pintar, dan pengguna sosial media di Indonesia sangat
                 pesat dan akan berdampak pada tatanan kehidupan modern saat teknologi
                 komunikasi menjadi bagian tak terpisahkan dalam aktivitas keseharian.
                 Kebutuhan  berkomunikasi  via  ponsel  telah menjadi ciri masyarakat  dari
                 perkotaan hingga perdesaan. Indikator tingginya kebutuhan alat komunikasi
                 tersebut dapat terlihat dari volume penjualan ponsel dari tahun ke tahun
                 bertumbuh di atas 25% (http://vsimembers.net/prospek-bisnis-paytren/). 
                 Kondisi tersebut tentunya diikuti oleh perubahan perilaku konsumen. Sejalan
                 dengan perkembangan teknologi ponsel yang semakin canggih, cara belanja
                 orang Indonesia mulai merambah ke belanja online hingga gaya komunikasi
                 masyarakat yang semakin digital.
                 Melalui internet, konsumen memiliki keyakinan dalam berbelanja karena
                 informasi mengenai produk atau jasa tersedia dengan lengkap sehingga
                 masyarakat memungkinkan untuk menentukan pilihan dari berbagai
                 alternatif sesuai kebutuhan ataupun keinginan mereka. Peningkatan
                 pengguna internet tersebut tidak saja membawa perubahan pada pola
                 beli konsumen, tetapi juga pada cara memasarkan produk atau jasa oleh
                 organisasi melalui penggunaan  e-marketing.  E-marketing menggunakan
                 metode teknologi informasi ke dalam prinsip-prinsip pemasaran tradisional.


                 350
   355   356   357   358   359   360   361   362   363   364   365