Page 362 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 362

memperoleh informasi yang komprehensif mengenai UT; (2) mempermudah
                 calon  mahasiswa  untuk  menghubungi UT di  masing-masing  daerah;  (3)
                 meningkatkan kemudahan mengakses layanan UT, baik terkait dengan
                 registrasi online, akses bahan ajar dan sumber belajar, perolehan bahan ajar
                 melalui Toko Buku Online, pengumuman nilai ujian, penyampaian permintaan
                 informasi, maupun keluhan, mendapatkan informasi kemahasiswaan; serta (4)
                 mempermudah mahasiswa dan masyarakat umum mendapatkan informasi
                 mengenai pengetahuan, baik dalam jurnal, artikel, maupun berita yang
                 update.

                 Keberadaan  website UT ini merupakan aset dan sekaligus modal untuk
                 menyelenggarakan aktivitas marketing dengan menggunakan media digital
                 atau yang biasa disebut dengan  digital  marketing. Dalam dunia bisnis,
                 keberadaan website bertujuan untuk (1) mendapatkan lead; (2) meningkatkan
                 penjualan dengan transaksi secara online, (3) dan meningkatkan awareness
                 terhadap produk atau jasa. Sajian  digital  marketing untuk urusan bisnis
                 pastilah tidakpersis sama dengan digital marketing-nya institusi pendidikan,
                 seperti UT. Oleh karena itu, tulisan ini bermaksud mengupas konsepsi dan
                 aplikasi digital marketing dalam konteks dunia pendidikan, seperti UT.


                 2.  Konsep Digital Marketing
                 Digital marketing atau pemasaran digital adalah sebuah konsep pemasaran
                 yang memanfaatkan media digital, yaitu internet,  mobile  phone, ataupun
                 social media marketing yang ditujukan para target khalayak secara langsung/
                 personal. Kegiatan digital marketing ini lebih efisien dari sisi anggaran daripada
                 tradisional media lainnya (Gary, Wong, Philip Kotler, dan John Saunders, 2008).
                 E-Marketing menurut Chaffey dan Mayer (2009) adalah pemasaran yang
                 memiliki lingkup lebih luas karena mengacu pada media digital, seperti web,
                 e-mail, dan media nirkabel, tetapi juga meliputi pengelolaan data pelanggan
                 digital dan juga bagaimana internet dapat digunakan bersama dengan
                 media tradisional untuk memperoleh  layanan kepada pelanggan. Internet
                 dapat digunakan untuk mengidentifikasi kebutuhan pelanggan dan tindakan
                 pesaing. Meyliana (2011) menjelaskan  e-marketing merupakan bagian dari



                 352
   357   358   359   360   361   362   363   364   365   366   367