Page 362 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 362
memperoleh informasi yang komprehensif mengenai UT; (2) mempermudah
calon mahasiswa untuk menghubungi UT di masing-masing daerah; (3)
meningkatkan kemudahan mengakses layanan UT, baik terkait dengan
registrasi online, akses bahan ajar dan sumber belajar, perolehan bahan ajar
melalui Toko Buku Online, pengumuman nilai ujian, penyampaian permintaan
informasi, maupun keluhan, mendapatkan informasi kemahasiswaan; serta (4)
mempermudah mahasiswa dan masyarakat umum mendapatkan informasi
mengenai pengetahuan, baik dalam jurnal, artikel, maupun berita yang
update.
Keberadaan website UT ini merupakan aset dan sekaligus modal untuk
menyelenggarakan aktivitas marketing dengan menggunakan media digital
atau yang biasa disebut dengan digital marketing. Dalam dunia bisnis,
keberadaan website bertujuan untuk (1) mendapatkan lead; (2) meningkatkan
penjualan dengan transaksi secara online, (3) dan meningkatkan awareness
terhadap produk atau jasa. Sajian digital marketing untuk urusan bisnis
pastilah tidakpersis sama dengan digital marketing-nya institusi pendidikan,
seperti UT. Oleh karena itu, tulisan ini bermaksud mengupas konsepsi dan
aplikasi digital marketing dalam konteks dunia pendidikan, seperti UT.
2. Konsep Digital Marketing
Digital marketing atau pemasaran digital adalah sebuah konsep pemasaran
yang memanfaatkan media digital, yaitu internet, mobile phone, ataupun
social media marketing yang ditujukan para target khalayak secara langsung/
personal. Kegiatan digital marketing ini lebih efisien dari sisi anggaran daripada
tradisional media lainnya (Gary, Wong, Philip Kotler, dan John Saunders, 2008).
E-Marketing menurut Chaffey dan Mayer (2009) adalah pemasaran yang
memiliki lingkup lebih luas karena mengacu pada media digital, seperti web,
e-mail, dan media nirkabel, tetapi juga meliputi pengelolaan data pelanggan
digital dan juga bagaimana internet dapat digunakan bersama dengan
media tradisional untuk memperoleh layanan kepada pelanggan. Internet
dapat digunakan untuk mengidentifikasi kebutuhan pelanggan dan tindakan
pesaing. Meyliana (2011) menjelaskan e-marketing merupakan bagian dari
352