Page 361 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 361
UNIVERSITAS TERBUKA DI ERA INFORMASI
Universitas Terbuka (UT) sebagai salah satu perguruan tinggi yang
mengedepankan TIK dalam penyelenggaraan pendidikan dan administrasi
akademik juga telah menerapkan e-marketing melalui program digital
marketing.
Sebagian besar digital marketing bertujuan untuk mencapai berbagai hal,
seperti (1) meningkatkan pangsa pasar; (2) meningkatkan jumlah komentar
pada sebuah blog atau website; (3) meningkatkan pendapatan penjualan;
(4) mengurangi biaya, misalnya biaya distribusi atau promosi; (5) mencapai
tujuan merek, seperti meningkatkan kesadaran merek; (6) meningkatkan
ukuran database; (7) mencapai tujuan customer relationship management
(CRM), seperti meningkatkan kepuasan pelanggan, frekuensi pembelian,
atau tingkat referensi pelanggan; (8) memperbaiki manajemen rantai suplai,
seperti meningkatkan koordinasi anggota, menambahkan mitra, atau
mengoptimalkan tingkat persediaan.
Setiap organisasi berupaya memiliki beberapa asset digital dengan tujuan
untuk lebih mendekatkan organisasi dengan khalayaknya dengan
berbagai cara dan gaya yang berbeda sesuai karakteristik saluran media
masing-masing. Pembuatan asset digital harus didasarkan atas kebutuhan. Beberapa
digital asset yang biasa dimiliki oleh suatu organisasi atau perusahaan antara lain
website, mobilesite, dan social media. Pertanyaan mendasar yang harus dijawab
dalam pembuatan asset digital adalah tujuan pembuatan dan optimalisasi
asset digital untuk mencapai tujuan organisasi. Riyad dan Trueman (2002)
juga menyetujui bahwa website berpengaruh terhadap perubahan strategi
pemasaran karena pemasaran melalui internet memiliki proses yang sangat
berbeda dari pemasaran secara tradisional.
Website Universitas Terbuka (UT) berisi informasi komprehensif tentang
UT dan sistem penyelenggaraan pendidikan tinggi jarak jauh yang
diterapkannya. Di dalamnya, tidak hanya dijelaskan apa, seperti apa, dan
bagaimana UT, tetapi juga akses yang tersedia untuk melakukan registrasi,
pembelian bahan ajar, pemanfaatan bahan ajar utama dan pengayaan, serta
menyampaikan permintaan atau keluhan. Keberadaan website UT memiliki
tujuan (1) menyediakan kemudahan bagi calon mahasiswa atau masyarakat
351