Page 361 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 361

UNIVERSITAS TERBUKA DI ERA INFORMASI

                      Universitas  Terbuka (UT) sebagai salah satu perguruan tinggi yang
                      mengedepankan TIK dalam penyelenggaraan pendidikan dan administrasi
                      akademik juga telah menerapkan  e-marketing melalui program  digital
                      marketing.

                      Sebagian besar  digital marketing bertujuan untuk mencapai  berbagai hal,
                      seperti (1) meningkatkan pangsa pasar; (2) meningkatkan jumlah komentar
                      pada sebuah  blog atau  website; (3) meningkatkan pendapatan penjualan;
                      (4) mengurangi biaya, misalnya biaya distribusi atau promosi; (5) mencapai
                      tujuan  merek,  seperti  meningkatkan  kesadaran  merek;  (6)  meningkatkan
                      ukuran  database; (7) mencapai tujuan  customer relationship management
                      (CRM),  seperti meningkatkan kepuasan  pelanggan,  frekuensi pembelian,
                      atau tingkat referensi pelanggan; (8) memperbaiki manajemen rantai suplai,
                      seperti meningkatkan koordinasi anggota, menambahkan mitra, atau
                      mengoptimalkan tingkat persediaan.
                      Setiap organisasi berupaya memiliki beberapa asset digital dengan tujuan
                      untuk lebih mendekatkan organisasi dengan khalayaknya  dengan
                      berbagai cara dan gaya yang berbeda sesuai karakteristik saluran media
                      masing-masing. Pembuatan asset digital harus didasarkan atas kebutuhan. Beberapa
                      digital asset yang biasa dimiliki oleh suatu organisasi atau perusahaan antara lain
                      website, mobilesite, dan social media. Pertanyaan mendasar yang harus dijawab
                      dalam  pembuatan  asset digital adalah  tujuan  pembuatan  dan optimalisasi
                      asset digital untuk mencapai tujuan organisasi. Riyad dan Trueman (2002)
                      juga  menyetujui  bahwa  website  berpengaruh  terhadap  perubahan  strategi
                      pemasaran karena pemasaran melalui internet memiliki proses yang sangat
                      berbeda dari pemasaran secara tradisional.
                      Website Universitas  Terbuka (UT) berisi informasi komprehensif tentang
                      UT dan sistem penyelenggaraan pendidikan tinggi jarak jauh yang
                      diterapkannya. Di dalamnya, tidak hanya dijelaskan apa, seperti apa, dan
                      bagaimana  UT,  tetapi  juga  akses  yang  tersedia  untuk  melakukan  registrasi,
                      pembelian bahan ajar, pemanfaatan bahan ajar utama dan pengayaan, serta
                      menyampaikan permintaan atau keluhan. Keberadaan  website UT memiliki
                      tujuan (1) menyediakan kemudahan bagi calon mahasiswa atau masyarakat



                                                                                 351
   356   357   358   359   360   361   362   363   364   365   366