Page 358 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 358

V.4.
                 DIGITAL MARKETING

                 Maya Maria, Ace Sriati, dan Mohamad Yunus


                 1.  Pendahuluan

                 Kesadaran dan kebutuhan masyarakat Indonesia untuk mengikuti pendidikan
                 di perguruan tinggi menunjukkan peningkatan yang sangat tinggi. Fenomena
                 ini di antaranya ditandai dengan pertumbuhan jumlah perguruan tinggi
                 di Indonesia yang pesat. Menurut Hamid dalam orasi ilmiahnya  berjudul
                 ”Penguatan Kapasitas Internal Institusi dan Internasionalisasi Perguruan
                 Tinggi”, persaingan perguruan tinggi (PT) di Indonesia sangat ketat. Tahun
                 2005, terdapat 2.428 PT yang kemudian meningkat menjadi 3.485 PT
                 berdasarkan data yang dilansir dalam pangkalan data perguruan tinggi (PDPT)
                 tahun 2014. Artinya, dalam sembilan tahun terakhir, jumlah PT di Indonesia
                 bertambah lebih dari 1.000 buah atau bertambah satu PT baru setiap tiga hari
                 (http://krjogja.com/read/227096/ persaingan-pt-sangat-ketat.kr).

                 Dampaknya  luar  biasa.  Masing-masing PT  berlomba-lomba  menerapkan
                 berbagai strategi  ‘pemasaran’ yang dianggap jitu untuk menarik calon
                 mahasiswa. Dalam perspektif Kotler dan Amstrong (2004), konsep pemasaran
                 jasa layanan pendidikan dipandang sebagai suatu proses sosial dan manajerial




                 348
   353   354   355   356   357   358   359   360   361   362   363