Page 358 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 358
V.4.
DIGITAL MARKETING
Maya Maria, Ace Sriati, dan Mohamad Yunus
1. Pendahuluan
Kesadaran dan kebutuhan masyarakat Indonesia untuk mengikuti pendidikan
di perguruan tinggi menunjukkan peningkatan yang sangat tinggi. Fenomena
ini di antaranya ditandai dengan pertumbuhan jumlah perguruan tinggi
di Indonesia yang pesat. Menurut Hamid dalam orasi ilmiahnya berjudul
”Penguatan Kapasitas Internal Institusi dan Internasionalisasi Perguruan
Tinggi”, persaingan perguruan tinggi (PT) di Indonesia sangat ketat. Tahun
2005, terdapat 2.428 PT yang kemudian meningkat menjadi 3.485 PT
berdasarkan data yang dilansir dalam pangkalan data perguruan tinggi (PDPT)
tahun 2014. Artinya, dalam sembilan tahun terakhir, jumlah PT di Indonesia
bertambah lebih dari 1.000 buah atau bertambah satu PT baru setiap tiga hari
(http://krjogja.com/read/227096/ persaingan-pt-sangat-ketat.kr).
Dampaknya luar biasa. Masing-masing PT berlomba-lomba menerapkan
berbagai strategi ‘pemasaran’ yang dianggap jitu untuk menarik calon
mahasiswa. Dalam perspektif Kotler dan Amstrong (2004), konsep pemasaran
jasa layanan pendidikan dipandang sebagai suatu proses sosial dan manajerial
348