Page 204 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 204

Tabel 3.
                            Jumlah Mata Kuliah Tawar dan Mata Kuliah Tuton 2013
                                     Jumlah Mata Kuliah Tawar   Jumlah Mata Kuliah Nilai
                     Masa Registrasi
                                            Tuton                Tuton
                        2013.1               930                  849
                        2013.2               930                  843
                 *) Sumber: Laporan Kerja Tahunan Rektor UT 2013, hal. 35


                                             Tabel 4.
                                      Jumlah Peserta Tuton 2013
                           Masa Registrasi          Jumlah Peserta (NIM-mata kuliah)
                               2013.1                        108.942
                               2013.2                        123.960
                 *) Sumber: Laporan Kerja Tahunan Rektor UT 2013, hal. 35



                 3.  Indikator Penting Penyelenggaraan Tuton

                 Sebagaimana disampaikan sebelumnya, mulai 2013 penyelenggaraan tuton
                 semakin kompleks. Mengingat tidak sebandingnya jumlah mata kuliah dengan
                 jmlah dosen di UT Pusat dan UPBJJ-UT yang mempunyai latar belakang
                 keahlian yang relevan maka beberapa fakultas harus mengambil kebijakan
                 melibatkan tutor dari luar UT. Tutor tuton yang direkrut adalah para dosen,
                 praktisi, atau ahli yang memiliki latar belakang pendidikan relevan dengan
                 mata kuliah yang diampu dan dipandang mampu memberikan tuton. Hal ini
                 memunculkan kerumitan tersendiri, setidaknya dalam hal untuk memenuhi
                 beberapa indikator penting yang harus diperhatikan dalam meningkatkan
                 kualitas penyelenggaraan tuton. Artinya, jika indikator ini dapat dipenuhi
                 dengan baik maka semua desain dan rencana yang ditetapkan terkait dengan
                 layanan tuton dapat terlaksana dengan baik pula. Sebaliknya, indikator-
                 indikator tersebut sekaligus dapat menjadi kendala jika tidak ditangani secara
                 sistematis. Indikator tersebut di antaranya terkait dengan penjaminan kualitas,
                 SDM, pengelolaan kelas, dan sinkronisasi data peserta.





                 194
   199   200   201   202   203   204   205   206   207   208   209