Page 204 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 204
Tabel 3.
Jumlah Mata Kuliah Tawar dan Mata Kuliah Tuton 2013
Jumlah Mata Kuliah Tawar Jumlah Mata Kuliah Nilai
Masa Registrasi
Tuton Tuton
2013.1 930 849
2013.2 930 843
*) Sumber: Laporan Kerja Tahunan Rektor UT 2013, hal. 35
Tabel 4.
Jumlah Peserta Tuton 2013
Masa Registrasi Jumlah Peserta (NIM-mata kuliah)
2013.1 108.942
2013.2 123.960
*) Sumber: Laporan Kerja Tahunan Rektor UT 2013, hal. 35
3. Indikator Penting Penyelenggaraan Tuton
Sebagaimana disampaikan sebelumnya, mulai 2013 penyelenggaraan tuton
semakin kompleks. Mengingat tidak sebandingnya jumlah mata kuliah dengan
jmlah dosen di UT Pusat dan UPBJJ-UT yang mempunyai latar belakang
keahlian yang relevan maka beberapa fakultas harus mengambil kebijakan
melibatkan tutor dari luar UT. Tutor tuton yang direkrut adalah para dosen,
praktisi, atau ahli yang memiliki latar belakang pendidikan relevan dengan
mata kuliah yang diampu dan dipandang mampu memberikan tuton. Hal ini
memunculkan kerumitan tersendiri, setidaknya dalam hal untuk memenuhi
beberapa indikator penting yang harus diperhatikan dalam meningkatkan
kualitas penyelenggaraan tuton. Artinya, jika indikator ini dapat dipenuhi
dengan baik maka semua desain dan rencana yang ditetapkan terkait dengan
layanan tuton dapat terlaksana dengan baik pula. Sebaliknya, indikator-
indikator tersebut sekaligus dapat menjadi kendala jika tidak ditangani secara
sistematis. Indikator tersebut di antaranya terkait dengan penjaminan kualitas,
SDM, pengelolaan kelas, dan sinkronisasi data peserta.
194