Page 626 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 626
PENDIDIKAN TINGGJ )ARAK )AUH
3. Prosedur Perencanaan
Seperti telah diuraikan di muka, PT JJ memiliki sistem
teknik yang sulit untuk dipisahkan. Kegiatan yang satu saling
berhubungan secara sekuensial dengan kegiatan lainnya. Sistem
teknik yang demikian harus menjadi perhatian utama dalam
perencanaan kegiatan, terutama dalam menetapkan VC. Volume
kegiatan-kegiatan seperti penyelenggaraan ujian, tutorial,
pengadaan bahan ajar, pengolahan registrasi, dan praktikum
amat dipengaruhi oleh jumlah mahasiswa. Untuk itu, manajemen
perlu melakukan kajian yang matang tentang prediksi jumlah
mahasiswa dan alokasi anggaran.
Alokasi anggaran dipengaruhi oleh strategi pencapaian
tujuan organisasi. Program dan kegiatan yang memperoleh
prioritas pada tahun anggaran tersebut akan memperoleh alokasi
pembiayaan dalam jumlah yang cukup pada tahun berjalan.
Manajemen juga harus menentukan besarnya persentase untuk
setiap kelompok kegiatan/program, misalnya dalam suatu tahun
anggaran ditetapkan bahwa kegiatan diprioritaskan pada revisi
bahan ajar, dan peningkatan kualitas penyelenggaraan ujian.
Persentase alokasi anggaran untuk pengadaan bahan ajar dan
ujian harus memperoleh prioritas. Sebagai contoh misalnya, pada
suatu tahun anggaran ditetapkan bahwa pembiayaan untuk:
1. gaji, tunjangan, dan upah (10%),
2. pembayaran pajak dan asuransi (2%),
3. pengadaan dan pemeliharaan sarana dan prasarana (8%),
4. pembayaran jasa (3%),
5. penyelenggaraan ujian (20%),
6. penyelenggaraan tutorial ( 15% ),
7. penyelenggaraan promosi (7%),
8. pengadaan bahan ajar (25%),
9. pengolahan data registrasi mahasiswa (10%),
621