Page 622 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 622

PENDIDIKAN TINGGI JARAK  JAUH



             eksternal  dan  internal  secara  tepat  sangat  penting  dalam
             menentukan  masa  depan  organisasi.  Organisasi  harus  mampu
             menyerap  dan  membaca  kondisi  lingkungan  internal  dan
             eksternalnya  secara  tepat.  lnstrumen  yang  digunakan  untuk
             melakukan  analisis  lingkungan  umumnya  adalah  analisis
             kekuatan,  kelemahan,  kesempatan  yang  dimiliki,  dan  ancaman
             yang  bakal  dihadapi  atau  yang  lebih  dikenal  dengan  nama
             analisis SWOT.
                    Hasil  pembacaan  kondisi  lingkungan  eksternal  dan
             internal   akan  menjadi  bahan  utama  penyusunan  strategi
             organisasi.  Umumnya,  setiap  organisasi  memiliki  visi  dan  tujuan.
             Untuk   mencapai   tujuan   tersebut,   organisasi   kemudian
             merumuskan  strategi  pencapaian.  Strategi  pencapaian  ini
             berbentuk  strategi  jangka  panjang,  menengah,  dan  pendek.
             Perumusan  strategi  ini  merupakan  langkah  yang  krusial  bagi
             organisasi.   Kesalahan   dalam   perumusan   strategi   akan
             berdampak  pada  kesalahan  dalam  penyusunan  program  dan
             kegiatan  beserta  indikatornya.  Akibatnya,  keputusan-keputusan
             taktis  dan  operasional  yang  dihasilkan  juga  rentan  terhadap
             kesalahan.  Untuk  itu,  rencana  strategis  perlu  dirumuskan  secara
             cermat  dan  akurat,  dan  akan  lebih  baik  lagi  jika  setiap  strategi
             yang  dirumuskan  dianalisis.  lnstrumen  yang  dapat  digunakan
             untuk  menganalisisnya,  misalnya  analisis  SWOT  dan  analisis
             biaya dan  manfaat (cost and benefit analysis).
                    Strategi  jangka  panjang  berbentuk  target-target  global
             dan berjangka antara 10 sampai 20 tahun.  Sementara itu,  strategi
             jangka  menengah  memiliki  jangkauan  antara  2  sampai  9  tahun.
             Strategi  jangka  menengah  umumnya  bersikap  taktik.  Strategi
             jangka menengah ini juga sering disebut sebagai program dengan
             target  yang  lebih  spesifik  namun  tidak  mencantumkan  indikator
             yang  detil.  Rencana  yang  paling  detil  adalah  rencana  tahunan,
             (annual  planning).  Rencana  tahunan  disusun  dengan  memecah



                                                                    617
   617   618   619   620   621   622   623   624   625   626   627