Page 619 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 619
Purwanto dan Bintarl, Manajemen Keuangan ....
Pad a dasarnya an tara PTIM dan PT JJ tidak ban yak
berbeda. Perbedaan utamanya adalah pada cara penyampaian
materi pengajarannya. Karakteristik pendidikan jarak jauh adalah
berikut ini.
1. Keterpisahan antara guru dengan siswa pada sebagian besar
proses belajar mengajar.
2. Penggunaan media pendidikan untuk menyatukan guru,
siswa, dan materi belajar.
3. Adanya komunikasi dua arah antara guru dan siswa atau
antara penyelenggara pendidikan dengan siswa dalam
pendidikan jarak jauh.
Sementara itu Moore dan Kearsley menggambarkan
model pendidikan jarak jauh sebagai sebuah sistem. Perhatikan
bagan berikut.
MODEL SISTEM PENDIDIKAN JARAK JAUH
Sumbcr :Moore dan Kcarslcy ( 1996)
Keterangan :
• Sumber pcnyelenggaraan pendidikan jarak jauh adalah kcbutuhan
siswa, organisasi. tcori/sejarah, dan landa~an filosofis.
• Desain terdiri dari desain instruksional, desain media, desain program,
dan dcsain cvaluasi.
• Saluran yang digunakan untuk mcnyampaikan bahan bela jar adalah
bahan tercctak, audio/video, radio dan televisi, komputcr,
audioconference, videoconference, dan jaringan komputcr.
• lnteraksi dilakukan olch instruktur, tutor. pcnasihat, dan staf
administratif.
• Lingkungan belajamya adalah tcmpat kerja, rumah, kelas. dan pusat-
pusat belajar.
614