Page 619 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 619

Purwanto dan  Bintarl,  Manajemen  Keuangan  ....



              Pad a  dasarnya  an tara  PTIM  dan  PT JJ  tidak  ban yak
       berbeda.  Perbedaan  utamanya  adalah  pada  cara  penyampaian
       materi  pengajarannya.  Karakteristik  pendidikan  jarak jauh  adalah
       berikut ini.
       1.  Keterpisahan  antara guru dengan siswa pada sebagian besar
          proses belajar mengajar.
       2.  Penggunaan  media  pendidikan  untuk  menyatukan  guru,
          siswa, dan materi belajar.
       3.  Adanya  komunikasi  dua  arah  antara  guru  dan  siswa  atau
          antara  penyelenggara  pendidikan  dengan  siswa  dalam
          pendidikan jarak jauh.

              Sementara  itu  Moore  dan  Kearsley  menggambarkan
       model  pendidikan  jarak jauh  sebagai  sebuah  sistem.  Perhatikan
       bagan berikut.


                MODEL SISTEM PENDIDIKAN JARAK JAUH







          Sumbcr :Moore dan Kcarslcy ( 1996)
          Keterangan :
          •   Sumber pcnyelenggaraan pendidikan jarak jauh adalah kcbutuhan
              siswa, organisasi.  tcori/sejarah, dan  landa~an filosofis.
          •   Desain terdiri dari desain instruksional, desain media, desain program,
              dan dcsain cvaluasi.
          •   Saluran yang digunakan untuk mcnyampaikan bahan bela jar adalah
              bahan tercctak, audio/video, radio dan televisi,  komputcr,
             audioconference,  videoconference, dan jaringan komputcr.
          •   lnteraksi dilakukan olch instruktur, tutor. pcnasihat, dan staf
             administratif.
          •   Lingkungan belajamya adalah tcmpat kerja, rumah,  kelas. dan pusat-
             pusat belajar.





      614
   614   615   616   617   618   619   620   621   622   623   624