Page 620 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 620
PENDIDIKAN TINGGI }ARAK JAUH
Dari bagan di atas tampak bahwa pendidikan jarak jauh
adalah sistem pendidikan yang padat teknologi. Teknologi
digunakan untuk menyediakan dan menyampaikan bahan ajar,
sistem registrasi, sistem pengujian. dan tutorial. Jika dilihat dari
segi pengelolaan, pendidikan jarak jauh dapat dibedakan menjadi
dua, yaitu staf yang mengelola urusan administratif dan yang
mengelola urusan akademik.
Staf-staf tersebut adalah pertama. spesialis media dan
teknisi; kedua._ staf yang bertugas pada bagian pendaftaran.
penilaian dan material; ketiga._ dosen yang bertugas memberikan
tutorial; keempat. pengembang program, ahli dalam mata kuliah,
desainer instruksional. atau editor; kelima._ direktur program. ketua
jurusan, dan koordinator wilayah, dan keenam._ kepala depar-
temen, dekan, pembantu rektor, rektor dan administrator lainnya.
Bidang administratif mengelola keuangan, peralatan dan
perbekalan, personalia, percetakan, penyimpanan, distribusi, dan
pencatatan. Bidang akademik biasanya terdiri dari para spesialis
yang bergabung dalam tim pengembangan bahan ajar. Tim ini
terdiri dari desainer pembelajaran. penulis dan editor, spesialis
media, spesialis dalam perilaku pembelajaran bagi orang dewasa
(adult learner behavior) dan spesialis pengembangan kurikulum.
Jika dikaitkan dengan bagan di muka tentang Model
Sistem Pendidikan Jarak Jauh, tugas bagian akademik adalah
sebagai desainer, mengelola saluran, dan interaksi, sedangkan
bagian administratif bertugas dalam bidang-bidang yang langsung
berkaitan dengan mahasiswa.
Tugas-tugas akademik dilakukan dalam bentuk tim. Ada
dua model tim pengembang bahan ajar, yaitu model penulis-
editor dan model tim bahan ajar. Anggota tim model penulis-editor
hanya dua orang, yaitu satu orang bertindak sebagai ahli materi
dan satu orang bertindak sebagai spesialis media. Anggota tim
model tim bahan ajar lebih dari dua orang dengan berbagai
615