Page 620 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 620

PENDIDIKAN TINGGI }ARAK JAUH



                     Dari  bagan  di  atas  tampak  bahwa  pendidikan  jarak jauh
              adalah  sistem  pendidikan  yang  padat  teknologi.  Teknologi
             digunakan  untuk  menyediakan  dan  menyampaikan  bahan  ajar,
              sistem  registrasi,  sistem  pengujian.  dan  tutorial.  Jika  dilihat  dari
              segi  pengelolaan,  pendidikan jarak jauh dapat dibedakan menjadi
              dua,  yaitu  staf  yang  mengelola  urusan  administratif  dan  yang
             mengelola urusan akademik.
                     Staf-staf  tersebut  adalah  pertama.  spesialis  media  dan
             teknisi;  kedua._  staf  yang  bertugas  pada  bagian  pendaftaran.
             penilaian  dan  material;  ketiga._  dosen  yang  bertugas  memberikan
             tutorial;  keempat.  pengembang  program,  ahli  dalam  mata  kuliah,
             desainer instruksional. atau editor; kelima._ direktur program.  ketua
             jurusan,  dan  koordinator  wilayah,  dan  keenam._  kepala  depar-
             temen, dekan, pembantu rektor,  rektor dan administrator lainnya.
                    Bidang  administratif  mengelola  keuangan,  peralatan  dan
             perbekalan,  personalia,  percetakan,  penyimpanan,  distribusi,  dan
             pencatatan.  Bidang  akademik  biasanya  terdiri  dari  para  spesialis
             yang  bergabung  dalam  tim  pengembangan  bahan  ajar.  Tim  ini
             terdiri  dari  desainer  pembelajaran.  penulis  dan  editor,  spesialis
             media,  spesialis dalam  perilaku  pembelajaran  bagi  orang  dewasa
             (adult learner behavior) dan spesialis pengembangan kurikulum.
                    Jika  dikaitkan  dengan  bagan  di  muka  tentang  Model
             Sistem  Pendidikan  Jarak  Jauh,  tugas  bagian  akademik  adalah
             sebagai  desainer,  mengelola  saluran,  dan  interaksi,  sedangkan
             bagian administratif bertugas dalam bidang-bidang yang langsung
             berkaitan dengan mahasiswa.
                    Tugas-tugas  akademik  dilakukan  dalam  bentuk  tim.  Ada
             dua  model  tim  pengembang  bahan  ajar,  yaitu  model  penulis-
             editor dan model tim  bahan ajar.  Anggota tim model penulis-editor
             hanya  dua  orang,  yaitu  satu  orang  bertindak  sebagai  ahli  materi
             dan  satu  orang  bertindak  sebagai  spesialis  media.  Anggota  tim
             model  tim  bahan  ajar  lebih  dari  dua  orang  dengan  berbagai



                                                                    615
   615   616   617   618   619   620   621   622   623   624   625