Page 65 - 22 Tahun 1984-2006 Perkembangan Universitas Terbuka: Perjalanan Mencari Jati Diri Menuju PTJJ Ungulan (Buku I)
P. 65

diprioritaskan,  dan  setelah  di  telaah  serta  dicocokkan

                                                 dengan  taksiran  anggaran  yang  akan  diterima.  Jadi  setiap
                                                 unit  dapat  bekerja  sesuai  anggarannya  masing-masing,  tanpa

                                                 hambatan  dari  pimpinan  maupun  bagian  keuangan  yang
                                                 pada  masa  lalu  kadang-kadang  tidak  memberikan  anggaran

                                                 yang diminta dengan alasan anggaran sudah habis.


                                             Menjadi Pusat Unggulan
                                                 Kebijakan  ini  sudah  mulai  dicetuskan  pada  masa  jabatan

                                             Rektor  ketiga  (Prof  Bambang  Sutjiatmo)  dan  diteruskan  dan
                                             dipertajam  oleh  Rektor  keempat  (Prof  Atwi  Suparman).  Rektor

                                             ketiga  tidak  sempat  untuk  mengimplementasi  kebijakan  ini,
                                             karena  ia  hanya  menjabat  selama  empat  tahun.  Rektor  keempat

                                             kemudian  meneruskan  kebijakan  ini  dengan  fokus  yang  lebih
                                             jelas.Uraian  mengenai  hal  ini  akan  diteruskan  di  bawah  judul

                                             kebijakan Menuju ke Pusat Unggulan di bawah ini.


                                             ·  Peningkatan Mutu Proses Pelayanan
                                                 Yang  disebut  proses  pelayanan  di  sini  meliputi  proses  yang

                                                 membantu  pendidikan  seperti  registrasi,  pendataan  maha-
                                                 siswa  yang  lebih  baik,  alih  kredit,  kualitas  bahan  ajar,

                                                 kualitas  distribusi  bahan  ajar,  dan  kualitas  dan  kuantitas
                                                 tutorial.

                                                 Kebijakan  menjual  formulir  registrasi  yang  diperluas  lebih
                                                 memudahkan        mahasiswa      untuk     mendapatkan       formulir

                                                 registrasi. Kecuali di kantor pos penjualan formulir, formulir
                                                 dijual  juga  di  UPBJJ.  Kecuali  itu  mahasiswa  UT  harus

                                                 meregistrasi  sendiri,  termasuk  mahasiswa  yang  direkrut  dari





                                                                                                                     41
   60   61   62   63   64   65   66   67   68   69   70