Page 69 - 22 Tahun 1984-2006 Perkembangan Universitas Terbuka: Perjalanan Mencari Jati Diri Menuju PTJJ Ungulan (Buku I)
P. 69

5.  rancangan dan pengembangan mata kuliah,

                                                 6.  bantuan belajar bagi mahasiswa,
                                                 7.  penilaian mahasiswa,

                                                 8.  media pembelajaran.
                                                 Untuk  memperkuat  pelaksanaannya,  UT  membentuk  suatu

                                                 Pusat Sistem Jaminan Kualitas (Pusmintas).


                                             ·  Mengefektifkan Kinerja Staf
                                                 Kecuali  usaha  melalui  simintas,  UT  juga  berusaha  untuk

                                                 mengefektifkan  kinerja  dengan  mengikuti  prosedur  Inter-
                                                 national  Standard  Organization  (ISO),  sehingga  prosedur

                                                 kerja  dan  pelatihan  staf  dapat  mendukung  peran  dan  fungsi
                                                 UT.  Dalam  ISO  dipentingkan  adanya  peta  kompetensi  staf

                                                 dan  pelatihan  yang  ditujukan  untuk  meningkatkan  kompe-
                                                 tensi  staf  bilamana  kompetensi  belum  memadai.  Perlu  pula

                                                 diadakan  penilaian  kompetensi  sebelum  dan  setelah  latihan
                                                 sehingga  UT  meyakini  bahwa  pelatihan  yang  telah  diselesai-

                                                 kan staf memang meningkatkan kompetensinya.


                                             ·  Menuju ke Pusat Unggulan
                                                 Saat  ini  UT  merupakan  salah  satu  dari  sebelas  universitas

                                                 raksasa  (mega)  di  dunia,  semuanya  perguruan  tinggi  jarak
                                                 jauh.  Yang  disebut  universitas  raksasa  oleh  John  Daniel

                                                 (1996)  adalah  universitas  yang  mempunyai  mahasiswa  lebih
                                                 dari  100.000  orang.  Membesarkan  perguruan  tinggi  lebih

                                                 mudah daripada meningkatkan kualitasnya, dengan demikian
                                                 yang  perlu  dipikirkan  kemudian  adalah  bagaimana  mening-

                                                 katkan  kualitas  layanan  UT  supaya  mutunya  sejajar  dengan
                                                 PTJJ  unggul  lainnya,  terutama  PTJJ  di  Asia.  Kurun  waktu



                                                                                                                     45
   64   65   66   67   68   69   70   71   72   73   74