Page 49 - 22 Tahun 1984-2006 Perkembangan Universitas Terbuka: Perjalanan Mencari Jati Diri Menuju PTJJ Ungulan (Buku I)
P. 49

3.  Perum  Pos  dan  Giro,  untuk  melayani  pendaftaran  maha-

                                                    siswa, mengirimkan bahan ajar, melayani pembayaran SPP
                                                    dan  melayani  segala  jenis  surat-menyurat  antara  maha-

                                                    siswa dan UT;
                                                 4.  Lembaga  Siaran  yang  membantu  menyiarkan  program

                                                    radio dan televisi;
                                                 5.  Lembaga  Kemasyarakatan  yang  membantu  mendirikan

                                                    pusat-pusat tutorial;
                                                 6.  Kerja  Sama  Internasional  secara  intensif  dengan  Open

                                                    Learning Agency (Kanada), dengan biaya dari IDRC. Kerja
                                                    sama  ini  memberikan  manfaat  yang  sangat  besar  pada

                                                    peningkatan  keahlian  mengelola  PTJJ,  dengan  beasiswa
                                                    tingkat  S2  dan  S3,  dan  pelatihan  singkat  di  dalam  dan

                                                    luar negeri.


                                             ·  Kurikulum Seragam.
                                                 Untuk mendukung sistem operasi yang sederhana, kurikulum

                                                 diseragamkan  untuk setiap  program  studi.  Hal  ini  memudah-
                                                 kan  pengembangan  kurikulum,  karena  efisien.  Mata  kuliah

                                                 yang  dipilih  tidak  memerlukan  kerja  laboratorium  atau
                                                 peralatan  lain  untuk  mempelajarinya.  Pilihan  kebijakan  ini

                                                 kemudian  menimbulkan  masalah  setelah  ujian.  Yang  tidak
                                                 lulus  mendapat  beban  belajar  yang  lebih  berat  setelah  ujian

                                                 daripada  mereka  yang  lulus  karena  harus  mengulanginya.
                                                 Pada tahun kedua kurikulum seragam ini diubah.









                                                                                                                     25
   44   45   46   47   48   49   50   51   52   53   54