Page 51 - 22 Tahun 1984-2006 Perkembangan Universitas Terbuka: Perjalanan Mencari Jati Diri Menuju PTJJ Ungulan (Buku I)
P. 51
sedikit, maka semula semua staf dikerahkan untuk dapat
mengelola pendidikan tinggi jarak jauh. Tidak ada satu pun
staf edukatif UT yang ditugaskan untuk melanjutkan pelajar-
annya dalam bidang studinya, kecuali jika bidang studinya
kebetulan serupa dengan yang diperlukan untuk mengelola
UT (misalnya ilmu komputer atau teknologi pendidikan).
Kebijakan yang tidak populer di antara staf edukatif UT ini
kemudian diubah, dan staf diperkenankan untuk studi lanjut
di bidang masing-masing asal bidang studi tersebut termasuk
program studi yang diajarkan oleh UT. Namun demikian,
kenyataannya hingga saat penulisan buku ini, semua staf UT
masih sepenuhnya dikerahkan untuk mengelola UT seperti
semula. Hanya beberapa orang staf yang dapat menulis
modul, menulis soal atau mengerjakan tugas akademik lain,
di samping mengerjakan tugas utamanya sebagai pengelola
akademik.
Pertahanan Hidup
Setelah UT berjalan satu tahun, diperlukan perubahan visi
dan misi UT, sehingga diperlukan pula perubahan-perubahan
kebijakan. Hal ini disebabkan sistem operasi UT yang semula
sangat sederhana menjadi sistem yang cukup kompleks. Kekis-
ruhan pelaksanaan operasi baru menyebabkan UT tidak lagi
mendapatkan kepercayaan dari mahasiswa dan calon maha-
siswa, sehingga banyak mahasiswa yang mengundurkan diri dan
sangat sedikit mahasiswa baru yang meregistrasi. Pada waktu
itu UT terasa seperti harus mempertahankan kehidupannya. Di
bawah ini adalah kebijakan-kebijakan tersebut.
27