Page 34 - 22 Tahun 1984-2006 Perkembangan Universitas Terbuka: Perjalanan Mencari Jati Diri Menuju PTJJ Ungulan (Buku I)
P. 34

Proyek  ini  juga  mengalami  kesulitan  pengelolaannya,  karena

                                             hanya  berupa  proyek  terpisah/tersendiri  dan  tidak  diintegrasi-
                                                                         kan dalam suatu institusi pendidikan.

                                                                            Untuk  mengatasi  masalah-masalah
                                                                         tersebut,  pemerintah  kemudian  memu-

                                                                         tuskan  untuk  mendirikan  suatu  univer-
                                                                         sitas  yang  terbuka  dan  dapat  melayani

                                                                         mahasiswa  di  mana  saja.  Sistem  pendi-
                                                                         dikan  yang  dianut  perguruan  tinggi

                                                                         tersebut  adalah  PJJ.  Keuntungan  dari
                                                                         perguruan  tinggi  jarak  jauh  (PTJJ)

                                                                         tersebut  ialah  bahwa  ia  tidak  banyak
                                                                         menggunakan       tenaga     pengajar     dan

                                                                         ruang  kuliah,  karena  pendidikan  disam-
                                                                         paikan  melalui  bahan  ajar  tercetak  dan

                                                                         non-cetak.  Interaksi  antara  mahasiswa
                                                                         dan  pengajar  jarang  dilakukan,  dan  bila

                                                                         perlu  interaksi  ini  dapat  dilakukan
                                                                         dengan  jarak  jauh:  melalui  surat,  tele-

                                                                         pon  atau  cara  interaksi  lain  yang
                                                                         dimungkinkan.  Pengajar  yang  diperlu-

                                                                         kan  untuk  menulis  bahan  ajar  maupun
                                                                         untuk  melaksanakan  tutorial  dapat  di-

                                                                         pinjam  dari  perguruan  tinggi  yang  telah
     Bahan ajar cetak dan noncetak           ada,  tanpa  mengganggu  kelancaran  perguruan  tinggi  tersebut.

                                             Dengan  demikian  biaya  yang  diperlukan  untuk  mendidik  relatif
                                             lebih  sedikit  dibandingkan  dengan  biaya  pendidikan  tinggi

                                             konvensional.




                                                                                                                      9
   29   30   31   32   33   34   35   36   37   38   39