Page 34 - 22 Tahun 1984-2006 Perkembangan Universitas Terbuka: Perjalanan Mencari Jati Diri Menuju PTJJ Ungulan (Buku I)
P. 34
Proyek ini juga mengalami kesulitan pengelolaannya, karena
hanya berupa proyek terpisah/tersendiri dan tidak diintegrasi-
kan dalam suatu institusi pendidikan.
Untuk mengatasi masalah-masalah
tersebut, pemerintah kemudian memu-
tuskan untuk mendirikan suatu univer-
sitas yang terbuka dan dapat melayani
mahasiswa di mana saja. Sistem pendi-
dikan yang dianut perguruan tinggi
tersebut adalah PJJ. Keuntungan dari
perguruan tinggi jarak jauh (PTJJ)
tersebut ialah bahwa ia tidak banyak
menggunakan tenaga pengajar dan
ruang kuliah, karena pendidikan disam-
paikan melalui bahan ajar tercetak dan
non-cetak. Interaksi antara mahasiswa
dan pengajar jarang dilakukan, dan bila
perlu interaksi ini dapat dilakukan
dengan jarak jauh: melalui surat, tele-
pon atau cara interaksi lain yang
dimungkinkan. Pengajar yang diperlu-
kan untuk menulis bahan ajar maupun
untuk melaksanakan tutorial dapat di-
pinjam dari perguruan tinggi yang telah
Bahan ajar cetak dan noncetak ada, tanpa mengganggu kelancaran perguruan tinggi tersebut.
Dengan demikian biaya yang diperlukan untuk mendidik relatif
lebih sedikit dibandingkan dengan biaya pendidikan tinggi
konvensional.
9