Page 134 - Pajak Karbon dan Emisi untuk Penurunan Gas Rumah Kaca dan Emisi Polutan
P. 134

panjang (long-run), artinya bahwa kenaikan bahan bakar sebesar 1%
         104
                 mengurangi permintaan bahan bakar sebesar 0.2% dalam jangka
                 panjang atau dapat dikatakan bahwa kenaikan harga sebesar
                 10% harga bahan bakar akan berdampak pada berkurangnya
                 permintaan bahan bakar antara 2% dan 3%. VMT juga relatif tidak
                 elastis  dalam  hubungan  dengan  harga  bahan  bakar.  Hasil  studi
                 dapat dilihat pada Tabel 2.18.


                     Tabel 2.18 Dampak Harga Bahan Bakar Pada Major Travel
                                            Demand
                                                     Pengukuran   Estimasi Dampak Pada
                 Studi          Lokasi Studi  Tahun Studi
                                                     Travel Demand Harga bensin (Gasoline)
                                                                -0.017 s/d - 0.093 (SR)
                 Lin dan Prince (2013)  USA - nationwide  2001-2006  Gas demand
                                                                -0.258 s/d -0.292 (LR)
                 Hughes et.al (2008)  USA- nationwide  2001-2006  Gas demand  -0.034 s/d -0.077 (SR)
                 Hymel,Small and Van   USA- nationwide  1966-2004  Gas demand  -0.055 (SR) & -0.285 (LR)
                 Dender (2010)
                 Goodwin et.al (2004)  International  Various years Gas demand  -0.25 (SR) & -0.64 (LR)
                                                                -0.22 s/d -0.31 (SR)
                 Dahl and Stemer (1991)  USA - nationwide  Sebelum 1989  Gas demand  -0.8 s/d -1.01 (LR)
                                                                0 s/d -1.36 (SR)
                 Espey (1989)    USA-nationwide  1929-1993  Gas demand  0 s/d -2.72 (LR)
                 Hymel,Small and Van   USA-nationwide 1966-2004  VMT  -0.026 (SR & -0.131 (LR)
                 Dender (2010)
                                                                -0.08 (cars)
                 Burt and Hoover (2006)  Canada  2000    VMT
                                                                -0.195 (light trucks)
                                                                -0.091 s/d -0.093 (SR)
                 Boilard (2010)     Canada   1970-2009   VMT
                                                                -0.256 s/d -0.762 (LR)
                                                                -0.10 (SR)
         Pajak Karbon dan Pajak Emisi  untuk Penurunan Gas Rumah Kaca dan Emisi Polutan
                 Goodwn et.al (2004)  International  various years  VMT
                                                                -0.29 s/d -0.31 (LR)
                 SR : Short-run and  LR: Long-run
                 Sumber: Circella,Giovanni and Handy,Susan (University of California: Davis, Marlon G.Boarnet
                 University of Southern California Sept 30.2014. " Impact of Gas Price on Passanger Vehicle use and
                 Greenhouse Gas Emission
                       Perilaku perubahan harga dari barang-barang yang berbasis
                 fosil khususnya seperti bahan bakar minyak menjadi penting untuk
                 mengevaluasi kebijakan dalam menentukan pajak bahan bakar. Hal
                 ini sangat erat hubungannya dengan target emisi dalam rangka
                 perubahan iklim, target pengurangan polutan dan kemacetan
                 lalu lintas.  Empat (4) emisi polutan utama yang dikeluarkan dari











                                                                                11/3/2023   4:11:13 PM
        23940719_PAJAK KARBON DAN PAJAK EMISI_ISI_FINAL.indd   104              11/3/2023   4:11:13 PM
        23940719_PAJAK KARBON DAN PAJAK EMISI_ISI_FINAL.indd   104
   129   130   131   132   133   134   135   136   137   138   139