Page 134 - Pajak Karbon dan Emisi untuk Penurunan Gas Rumah Kaca dan Emisi Polutan
P. 134
panjang (long-run), artinya bahwa kenaikan bahan bakar sebesar 1%
104
mengurangi permintaan bahan bakar sebesar 0.2% dalam jangka
panjang atau dapat dikatakan bahwa kenaikan harga sebesar
10% harga bahan bakar akan berdampak pada berkurangnya
permintaan bahan bakar antara 2% dan 3%. VMT juga relatif tidak
elastis dalam hubungan dengan harga bahan bakar. Hasil studi
dapat dilihat pada Tabel 2.18.
Tabel 2.18 Dampak Harga Bahan Bakar Pada Major Travel
Demand
Pengukuran Estimasi Dampak Pada
Studi Lokasi Studi Tahun Studi
Travel Demand Harga bensin (Gasoline)
-0.017 s/d - 0.093 (SR)
Lin dan Prince (2013) USA - nationwide 2001-2006 Gas demand
-0.258 s/d -0.292 (LR)
Hughes et.al (2008) USA- nationwide 2001-2006 Gas demand -0.034 s/d -0.077 (SR)
Hymel,Small and Van USA- nationwide 1966-2004 Gas demand -0.055 (SR) & -0.285 (LR)
Dender (2010)
Goodwin et.al (2004) International Various years Gas demand -0.25 (SR) & -0.64 (LR)
-0.22 s/d -0.31 (SR)
Dahl and Stemer (1991) USA - nationwide Sebelum 1989 Gas demand -0.8 s/d -1.01 (LR)
0 s/d -1.36 (SR)
Espey (1989) USA-nationwide 1929-1993 Gas demand 0 s/d -2.72 (LR)
Hymel,Small and Van USA-nationwide 1966-2004 VMT -0.026 (SR & -0.131 (LR)
Dender (2010)
-0.08 (cars)
Burt and Hoover (2006) Canada 2000 VMT
-0.195 (light trucks)
-0.091 s/d -0.093 (SR)
Boilard (2010) Canada 1970-2009 VMT
-0.256 s/d -0.762 (LR)
-0.10 (SR)
Pajak Karbon dan Pajak Emisi untuk Penurunan Gas Rumah Kaca dan Emisi Polutan
Goodwn et.al (2004) International various years VMT
-0.29 s/d -0.31 (LR)
SR : Short-run and LR: Long-run
Sumber: Circella,Giovanni and Handy,Susan (University of California: Davis, Marlon G.Boarnet
University of Southern California Sept 30.2014. " Impact of Gas Price on Passanger Vehicle use and
Greenhouse Gas Emission
Perilaku perubahan harga dari barang-barang yang berbasis
fosil khususnya seperti bahan bakar minyak menjadi penting untuk
mengevaluasi kebijakan dalam menentukan pajak bahan bakar. Hal
ini sangat erat hubungannya dengan target emisi dalam rangka
perubahan iklim, target pengurangan polutan dan kemacetan
lalu lintas. Empat (4) emisi polutan utama yang dikeluarkan dari
11/3/2023 4:11:13 PM
23940719_PAJAK KARBON DAN PAJAK EMISI_ISI_FINAL.indd 104 11/3/2023 4:11:13 PM
23940719_PAJAK KARBON DAN PAJAK EMISI_ISI_FINAL.indd 104