Page 133 - Pajak Karbon dan Emisi untuk Penurunan Gas Rumah Kaca dan Emisi Polutan
P. 133

literatur yang dilakukan oleh Aklilu (2016) dalam working paper,
                    Swedish University of Agriculture Sciences yang berjudul “Gasoline
                    and diesel demand elasticities”: A consistent estimate across the EU-
                    28, menyimpulkan bahwa dalam jangka panjang elastisitas harga
                    bahan bakar dan pendapatan lebih besar daripada dalam jangka
                    pendek,  artinya  lebih  elastis  dalam  jangka  panjang.  Gambaran
                    mengenai elastisitas harga dan permintaan akan bahan bakar dari
                    beberapa studi yang dilakukan dapat dilihat pada Tabel 2.17.


                     Tabel 2.17 Ringkasan Studi Literatur Utama Mengenai Elastisitas
                                  Harga dan Permintaan Bahan Bakar
                                                  Tipe   Elastisitas Harga  Elastisitas Pendapatan
                               Jumlah   Tahun
                      Studi  Tahun        Metode  Bahan
                                Studi  Covered         Short-run  Long-run  Short-run  Long-run
                                                 Bakar
                                         Meta-         0 s/d 1.36             0 - 1.36            0.05 - 2.73            0 - 2.92
                    Espay   1998  101  1929-1993  Gasoline
                                         Analisis      Rata2: 0.26  Rata2: 0.47  Rata2: 0.88  Rata2: 0.26
                    Graham &   2002  50  1950-2000 Review  Gasoline  -0.2 s/d 0.3  -0.6 s/d 0.8  0.35 s/d 0.55  1.1 s/d 1.3
                    Glaister
                                                Gasoline/   -0.01 s/d 0.57    0 s/d  - 1.81      0 s/d 0.89    0.27 s/d 1.71
                    Goodwin et.al  2004  69  1929-1991 Review
                                                Diesel  Rata2: 0.25  Rata2: 0.64  Rata2:  0.39  Rata2: 1.08
                    Graham &   2004  113  1966-2000 Review  Gasoline  -2.13 s/d 0.59  -22.0 s/d 0.85   0.0 s/d 1.71   0.0 s/d 2.68
                    Glaister                           Rata2: -0.25  Rata2: -0.77  Rata2: 0.47  Rata2: 0.93
                                         Critical   Gasoline  -0.2 s/d -0.3  -0.6 s/d -0.8  0.3 s/d 0.5  0.9 s/d 1.3
                    Baso & Oum  2007  100  1980-2000
                                         Assessment
                                                Diesel  -0.13  -0.67  0.57 s/d 2.14  2.16
                                         Meta-        -1.36 s/d 0.37  -2.04 s/d -0.12
                    Brons et.al  2008  43  1970-2000  Gasoline
                                         Analisis      Rata2: -0.34  Rata2: -0.84
                                300      Review &   Gasoline  -1.65 s/d 0.63  -61.1 s/d 5.89  -2.63 s/d 3.00  -40.0 s/d 38.89
                    Dahl    2012    1929-2006 Systematic   Rata2: -0.18  Rata2: -1.61  Rata2: 0.28  Rata2: 1.57
                                         Reduction
                                 60             Diesel   Rata-rata -0.16  Rata-rata 1.23
                                                Gasoline  -0.20 s/d -0.30 -0.60 s/d 0.85 0.30 s/d 0.50  0.90 s/d 1.40
                    Ajanovic et.al  2012   Survey
                                                Diesel  -0.10  -0.31  0.39   1.36
                    Sumber: Abenezer Zeleke Aklilu. Working paper 11/2016. Swedish University of Agriculture Sciences.
                    " Gasoline and diesel demand elasticities: A consistent estimate across the EU-28"
                          Beberapa studi juga telah dilakukan untuk melihat dampak
                    dari harga bahan bakar bensin (gasoline) dan jarak perjalanan
                                                                                           KEBIJAKAN PENGENDALIAN LINGKUNGAN
                    kendaraan (Vehicle Mile Travel -VMT). Studi tersebut menunjukkan
                    bahwa konsumsi bahan bakar relatif tidak elastis (inelastic) dalam
                    hubungannya  dengan  harga  bahan  bakar  yaitu  berkisar  antara
                    -0.02 sampai dengan -0.1 dalam jangka pendek (short-run), artinya
                    kenaikan harga bahan bakar sebesar 1% akan berdampak kepada
                    berkurangnya permintaan akan bahan bakar hanya sebesar 0.02%
                    dalam jangka pendek. Elastisitas antara -0.2 s/d -0.3 dalam jangka





                                                                                           103



                                                                                11/3/2023   4:11:13 PM
        23940719_PAJAK KARBON DAN PAJAK EMISI_ISI_FINAL.indd   103
        23940719_PAJAK KARBON DAN PAJAK EMISI_ISI_FINAL.indd   103              11/3/2023   4:11:13 PM
   128   129   130   131   132   133   134   135   136   137   138