Page 133 - Pajak Karbon dan Emisi untuk Penurunan Gas Rumah Kaca dan Emisi Polutan
P. 133
literatur yang dilakukan oleh Aklilu (2016) dalam working paper,
Swedish University of Agriculture Sciences yang berjudul “Gasoline
and diesel demand elasticities”: A consistent estimate across the EU-
28, menyimpulkan bahwa dalam jangka panjang elastisitas harga
bahan bakar dan pendapatan lebih besar daripada dalam jangka
pendek, artinya lebih elastis dalam jangka panjang. Gambaran
mengenai elastisitas harga dan permintaan akan bahan bakar dari
beberapa studi yang dilakukan dapat dilihat pada Tabel 2.17.
Tabel 2.17 Ringkasan Studi Literatur Utama Mengenai Elastisitas
Harga dan Permintaan Bahan Bakar
Tipe Elastisitas Harga Elastisitas Pendapatan
Jumlah Tahun
Studi Tahun Metode Bahan
Studi Covered Short-run Long-run Short-run Long-run
Bakar
Meta- 0 s/d 1.36 0 - 1.36 0.05 - 2.73 0 - 2.92
Espay 1998 101 1929-1993 Gasoline
Analisis Rata2: 0.26 Rata2: 0.47 Rata2: 0.88 Rata2: 0.26
Graham & 2002 50 1950-2000 Review Gasoline -0.2 s/d 0.3 -0.6 s/d 0.8 0.35 s/d 0.55 1.1 s/d 1.3
Glaister
Gasoline/ -0.01 s/d 0.57 0 s/d - 1.81 0 s/d 0.89 0.27 s/d 1.71
Goodwin et.al 2004 69 1929-1991 Review
Diesel Rata2: 0.25 Rata2: 0.64 Rata2: 0.39 Rata2: 1.08
Graham & 2004 113 1966-2000 Review Gasoline -2.13 s/d 0.59 -22.0 s/d 0.85 0.0 s/d 1.71 0.0 s/d 2.68
Glaister Rata2: -0.25 Rata2: -0.77 Rata2: 0.47 Rata2: 0.93
Critical Gasoline -0.2 s/d -0.3 -0.6 s/d -0.8 0.3 s/d 0.5 0.9 s/d 1.3
Baso & Oum 2007 100 1980-2000
Assessment
Diesel -0.13 -0.67 0.57 s/d 2.14 2.16
Meta- -1.36 s/d 0.37 -2.04 s/d -0.12
Brons et.al 2008 43 1970-2000 Gasoline
Analisis Rata2: -0.34 Rata2: -0.84
300 Review & Gasoline -1.65 s/d 0.63 -61.1 s/d 5.89 -2.63 s/d 3.00 -40.0 s/d 38.89
Dahl 2012 1929-2006 Systematic Rata2: -0.18 Rata2: -1.61 Rata2: 0.28 Rata2: 1.57
Reduction
60 Diesel Rata-rata -0.16 Rata-rata 1.23
Gasoline -0.20 s/d -0.30 -0.60 s/d 0.85 0.30 s/d 0.50 0.90 s/d 1.40
Ajanovic et.al 2012 Survey
Diesel -0.10 -0.31 0.39 1.36
Sumber: Abenezer Zeleke Aklilu. Working paper 11/2016. Swedish University of Agriculture Sciences.
" Gasoline and diesel demand elasticities: A consistent estimate across the EU-28"
Beberapa studi juga telah dilakukan untuk melihat dampak
dari harga bahan bakar bensin (gasoline) dan jarak perjalanan
KEBIJAKAN PENGENDALIAN LINGKUNGAN
kendaraan (Vehicle Mile Travel -VMT). Studi tersebut menunjukkan
bahwa konsumsi bahan bakar relatif tidak elastis (inelastic) dalam
hubungannya dengan harga bahan bakar yaitu berkisar antara
-0.02 sampai dengan -0.1 dalam jangka pendek (short-run), artinya
kenaikan harga bahan bakar sebesar 1% akan berdampak kepada
berkurangnya permintaan akan bahan bakar hanya sebesar 0.02%
dalam jangka pendek. Elastisitas antara -0.2 s/d -0.3 dalam jangka
103
11/3/2023 4:11:13 PM
23940719_PAJAK KARBON DAN PAJAK EMISI_ISI_FINAL.indd 103
23940719_PAJAK KARBON DAN PAJAK EMISI_ISI_FINAL.indd 103 11/3/2023 4:11:13 PM