Page 138 - Pajak Karbon dan Emisi untuk Penurunan Gas Rumah Kaca dan Emisi Polutan
P. 138

kendaraan. Kedua adalah harga output meningkat untuk menutupi
         108
                 “scarcity rent”. Alasan kedua ini mengandung perdebatan karena
                 adanya hipotesis “double-devidend” seperti yang telah dijelaskan
                 sebelumnya.
                       Seperti yang telah dijelaskan pada bagian sebelumnya,
                 bahwa baik pajak emisi maupun izin perdagangan emisi pada
                 prinsipnya adalah instrumen yang mempunyai kesamaan, yaitu
                 keduanya  percaya  pada  signal  harga  dan insentif  untuk  pihak
                 pencemar dalam mengurangi polusi yang berdampak pada
                 masyarakat. Dalam kontek persamaan efisiensi ada dua skenario
                 dan perbandingan antara kedua instrumen tersebut yaitu  “first-

                 best world” dan “second-best world” (Norregaard dan Reppelin, 2000)
                       Ekivalen dari pajak emisi dan izin perdagangan dalam “first-
                 best  world”. Untuk membandingkan kedua instrumen kebijakan
                 ini, literatur tradisional sering bersandar pada asumsi (1) jumlah
                 emisi  yang sama  dari  sumber  yang berbeda  memiliki  biaya
                 eksternal yang sama; (2) tidak ada ketidakpastian mengenai biaya
                 dan benefit dari pengendalian terhadap polusi; (3) struktur pasar
                 yang kompetitif tetap bertahan; dan (4) tidak mempertimbangkan
                 adanya interaksi yang mungkin terjadi terhadap pasar dan sumber
                 pendapatan yang lain. Kita merujuk skenario ini sebagai “first best
                 world”, dimana kebijakan pajak dan permit adalah ekivalen, bukan
         Pajak Karbon dan Pajak Emisi  untuk Penurunan Gas Rumah Kaca dan Emisi Polutan
                 persis sama.
                       Perhatikan  Gambar  2.31,  marjinal kerusakan  (Marginal-
                 Damage  atau  MD)  adalah  fungsi  kerusakan  yang  berhubungan
                 dengan tambahan unit dari emisi yang diasumsikan meningkat.
                 Biaya marginal untuk mengurangi emisi (Marginal-Abatement Cost
                 atau  MAC)  merupakan  fungsi  biaya  yang  berhubungan  dengan
                 pengurangan unit tambahan dari emisi. Biaya ini adalah seperti
                 biaya  tenaga  kerja,  investasi,  dan energi  yang  diperlukan  dalam
                 hubungannya untuk mengurangi emisi. Pada umumnya pencemar
                 akan mengurangi emisi melalui empat cara yaitu (1) mengurangi
                 produksi, (2) memasang peralatan sebelum emisi keluar ke










                                                                                11/3/2023   4:11:13 PM
        23940719_PAJAK KARBON DAN PAJAK EMISI_ISI_FINAL.indd   108
        23940719_PAJAK KARBON DAN PAJAK EMISI_ISI_FINAL.indd   108              11/3/2023   4:11:13 PM
   133   134   135   136   137   138   139   140   141   142   143