Page 139 - Pajak Karbon dan Emisi untuk Penurunan Gas Rumah Kaca dan Emisi Polutan
P. 139
lingkungan, (3) mengubah input, dan (4) mengubah proses
produksi. Tidak ada referensi yang pasti apa yang akan dipilih oleh
pihak pencemar dari keempat cara tersebut.
Gambar 2.31 Pajak Emisi dan Izin Perdagangan Dalam First-Best World
Pada Gambar 2.31 kita asumsikan bahwa tidak ada insentif
untuk mengurangi emisi dan MAC adalah nol. E* merupakan
respon dari level pajak optimal dimana marginal kerusakan
untuk tambahan satu unit emisi sama dengan biaya marjinal
untuk mengurangi satu unit emisi. Keseimbangan E* tercapai
dengan mengenakan pajak sebesar t. Dengan adanya pajak, maka
pencemar akan mengurangi emisi dari Eo ke E. Hal ini sama, jika
pemerintah mengeluarkan sejumlah izin perdagangan agar emisi
berubah dari Eo ke E. Jika di asumsikan pasar izin perdagangan
adalah kompetitif, maka besarnya pajak persis sebesar t, ini
berhubungan dengan biaya untuk membersihkan emisi. Dengan
KEBIJAKAN PENGENDALIAN LINGKUNGAN
kondisi yang sama, maka kedua kebijakan baik pajak maupun izin
perdagangan adalah ekivalen.
Pada skenario “Second-best World” Bohm dan Russell (1985)
dalam makalahnya yang berjudul “Taxes and Tradable Permits
as Policy Options for Controlling Pollution: A Review of Country
Experiences”. Norregaard dan Reppelin (2000), menyarankan
untuk membandingkan diantara kebijakan instrumen dengan
109
11/3/2023 4:11:13 PM
23940719_PAJAK KARBON DAN PAJAK EMISI_ISI_FINAL.indd 109 11/3/2023 4:11:13 PM
23940719_PAJAK KARBON DAN PAJAK EMISI_ISI_FINAL.indd 109