Page 502 - Trends in Science and Technology fo Sustainable Living
P. 502

Trends in Science and Technology   463
                                                   for Sustainable Living


                2.   Analisis Keberlanjutan Sungai Martapura
                     Hasil uji keberlanjutan lahan terbangun sekitar Sungai
                Martapura  dengan  analisis  variabel  keberlanjutan  mendapatkan
                hasil berbeda pada analisis sosial, ekonomi dan ekologi.
                Berdasarkan analisis Rap-River Built-Up dapat disimpulkan bahwa
                terdapat tekanan pada hasil  uji analisis  MDS yang  digunakan
                dengan  akurasi  tinggi  (goodness  of  fit)  sesuai  dengan hasil
                penilaian  keberlanjutan  untuk  lahan  terbangun  sekitar  Sungai
                Martapura  di  Kota  Banjarmasin.  Indeks  keberlanjutan  lahan
                terbangun sekitar Sungai Martapura Kota Banjarmasin ditunjukan
                pada diagram layang-layang seperti dalam Gambar 2 berikut.
















                  Gambar 2. Kite-Diagram Sustainable Index Rap-River Built-Up


                     Kawasan permukiman pinggiran Sungai Martapura berada di
                kawasan perkotaan wilayah Kota Banjarmasin. Kawasan perkotaan
                sangat rentan terhadap perubahan, mengingat bahwa di masa
                akan datang wilayah perkotaan akan mengalami perubahan dari
                permukiman sederhana menjadi permukiman dengan perspektif
                modern (Rustiadi  et al., 2015). Permukiman sederhana identik
                dengan lingkungan dengan kepadatan penduduk yang tinggi
                dan didominasi oleh penduduk berpenghasilan menengah ke
                bawah (Michiani & Asano, 2019). Mengatasi permukiman yang tidak
                teratur perlu belajar pada beberapa negara maju didunia dengan
                pengalaman internasional sehingga kesuksesan pembangunan
                dicapai dengan pertimbangan ekologis. Hasil analisis Rap-River Built-
   497   498   499   500   501   502   503   504   505   506   507