Page 361 - Trends in Science and Technology fo Sustainable Living
P. 361
322 Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Terbuka (2023)
konsumen. Melalui platform media sosial, petani dan produsen
dapat menyajikan informasi produk, hingga dapat mengurainya
dalam bentuk cerita di balik produk tersebut. Media sosial juga
dapat memfasilitasi petani untuk menampilkan metode pertanian
yang berkelanjutan sehingga menciptakan kesadaran dan
kepercayaan di antara konsumen.
Transformasi digital dalam pemasaran produk agribisnis
melibatkan penggunaan teknologi digital untuk meningkatkan
efisiensi, produktivitas, dan pemasaran produk agribisnis.
Penggunaan teknologi e-commerce dapat menjadikan petani dan
produsen menjual produk secara langsung ke konsumen atau ke
toko-toko online yang ada. Hal ini merupakan kemudahan untuk
memperoleh akses pasar global yang lebih luas, meningkatkan
daya saing, dan mengurangi ketergantungan pada rantai pasokan
tradisional.
Para pelaku agribisnis dapat menggunakan platform
e-commerce untuk menawarkan penawaran khusus, meningkatkan
loyalitas pelanggan serta menganalisis perilaku konsumen untuk
menginformasikan strategi pemasaran yang lebih baik. Sebagai
contoh adalah penggunaan media sosial dalam pemasaran
produk agribisnis. Banyak pelaku agribisnis yang memasarkan
produknya dengan menggunakan media sosial. Langkah ini cukup
memudahkan dalam hal pemasaran dikarenakan jangkauan
pemasaran secara online biayanya cukup terjangkau dan dapat
tersebar luas dengan cepat dan mudah.
Penggunaan media sosial dalam pemasaran produk
agribisnis telah menjadi strategi yang semakin populer dan efektif
untuk meningkatkan visibilitas, keterlibatan, dan interaksi dengan
pelanggan. Kemudahan proses pemasaran dengan media sosial
dirasakan oleh banyak pihak baik para penjual barang/jasa
(pemilik produk) maupun terhadap pelanggan.
Teknologi analitik merupakan bagian terpenting dari
transformasi digital dalam pemasaran produk agribisnis. Beragam
data yang diperoleh dari transaksi, interaksi online, dan pemasaran
digital dapat dianalisis untuk memahami preferensi pelanggan,