Page 360 - Trends in Science and Technology fo Sustainable Living
P. 360

Trends in Science and Technology   321
                                                   for Sustainable Living


                     Adopsi teknologi dalam pertanian di Indonesia masih
                dalam tahap perkembangan, meskipun beberapa petani telah
                mengadopsi teknologi, namun masih banyak potensi yang belum
                tereksplorasi sepenuhnya. Pelatihan, pendidikan dan akses ke
                teknologi akan membantu mendorong lebih banyak petani untuk
                memanfaatkan inovasi dalam usaha tani mereka.

                4.   Transformasi Digital dalam Pemasaran Produk Agribisnis
                     Transformasi digital dalam pemasaran produk agribisnis
                merupakan fenomena penting yang layak menjadi perhatian
                bersama. Hal tersebut penting untuk dipelajari dan dipahami
                guna mengoptimalkan pertumbuhan dan keberhasilan usaha
                dalam sektor pertanian. Salah satu tolok ukur keberhasilan suatu
                usaha adalah seberapa besar keuntungan dari pendapatan yang
                diperoleh  atas  usaha  yang  dijalankan.  Tentu  ini  diperoleh  dari
                jumlah produk  yang terjual  atau yang diterima  oleh konsumen
                sebagai pelanggan dalam usaha yang dijalankan.
                     Transformasi digital dalam pemasaran produk agribisnis
                adalah proses adopsi teknologi digital untuk meningkatkan efisiensi,
                produktivitas, dan efektivitas dalam menghadapi tantangan dalam
                industri  agribisnis.  Di  era  sebelumnya,  industri  agribisnis  sering
                menggunakan metode pemasaran tradisional seperti iklan cetak,
                promosi langsung, dan penjualan melalui agen atau pedagang
                lokal. Adopsi teknologi memberi perubahan di bidang teknologi
                dan informasi dengan menghadirkan teknologi digital yang dapat
                memudahkan  petani  mengelola  usaha  taninya.  Pihak  industri
                menyadari  potensi  besar  dalam  memanfaatkan  platform  online
                dan alat-alat digital untuk mencapai pasar yang lebih luas dan
                mengoptimalkan pemasaran.
                     Transformasi digital dalam pemasaran produk agribisnis
                telah membuka peluang baru dan memberikan manfaat signifikan
                bagi para pelaku industri. Salah satu perubahan yang dapat
                dilihat adalah pemanfaatan media sosial sebagai sarana efektif
                untuk mempromosikan produk dan berinteraksi langsung dengan
   355   356   357   358   359   360   361   362   363   364   365