Page 364 - Trends in Science and Technology fo Sustainable Living
P. 364

Trends in Science and Technology   325
                                                   for Sustainable Living


                     mendapatkan lebih banyak interaksi, seperti like, komentar,
                     dan berbagi yang dapat membantu memperkuat hubungan
                     dengan para pelanggan.
                e.   Endorser dan influencer
                     Penggunaan endorser dan influencer dalam sektor agribisnis
                     berguna untuk memperluas jangkauan merek suatu produk.
                     Kerja  sama  dengan para  influencer  dapat membantu
                     mencapai audiens yang lebih tinggi dan membangun
                     kredibilitas merek.
                f.   Strategi pemasaran konten
                     Strategi  pemasaran  konten  harus  dapat  memproduksi
                     beragam konten. Berbagai jenis konten harus bisa
                     digunakan seperti gambar, video, artikel dan info grafis agar
                     memberi  variasi  dalam strategi  pemasaran.  Metode  yang
                     dapat digunakan dengan menjadwalkan postingan secara
                     teratur agar menjaga konsistensi dan tetap berada di benak
                     follower atau pengikut.
                g.   Analisis Kinerja
                     Penggunaan  fitur  analitik  media  sosial  adalah  berguna
                     untuk memantau kinerja kampanye atau promosi produk
                     yang ditawarkan. Analisis dilakukan untuk mengidentifikasi
                     jenis konten yang paling berhasil dan menggunakan
                     informasi yang diperoleh tersebut untuk meningkatkan
                     strategi pemasaran.

                     Pada dasarnya transformasi digital dalam pemasaran
                produk  agribisnis  harus  berlangsung  secara  holistik  dan  terarah
                untuk mencapai hasil yang optimal. Petani dan pelaku agribisnis
                harus memahami nilai dan manfaat dari transformasi digital.
                Oleh karena itu diperlukan pelatihan dan pendampingan dalam
                penggunaan teknologi digital yang relevan agar petani dan para
                pelaku agribisnis  dapat mengadopsinya  dengan lebih efektif.
                Namun perlu dipahami bahwa transformasi digital adalah proses
                berkesinambungan dan memerlukan kesabaran. Fleksibilitas dan
                adaptasi terhadap perubahan adalah kunci kesuksesan dalam
                mencapai manfaat pemasaran produk agribisnis secara digital.
   359   360   361   362   363   364   365   366   367   368   369