Page 363 - Trends in Science and Technology fo Sustainable Living
P. 363

324     Fakultas Sains dan Teknologi
                   Universitas Terbuka (2023)


                       bisnis yang ada diharapkan mencerminkan nilai-nilai merek
                       dan memberikan informasi yang menarik tentang produk
                       yang ditawarkan.
                 b.    Membuat konten informatif dan menarik
                       Para pelaku bisnis online maupun offline juga sudah banyak
                       yang sangat kreatif dengan membuat konten menarik,
                       informatif dan relevan. Khusus para pelaku bisnis di sektor
                       pertanian bahkan sudah dapat membagikan video yang
                       sangat informatif seperti tips bercocok tanam, fakta terkait
                       manfaat produk hingga pada panduan penggunaan produk
                       yang dihasilkan.
                 c.    Keterlibatan dengan pelanggan
                       Pemasaran produk melalui pasar digital akan ada timbal
                       balik (feedback) dengan para pelanggan karena merupakan
                       media tersampaikannya pesan dari penyedia produk kepada
                       calon pengguna produk. Oleh karena itu penyedia  produk
                       harus senantiasa mengontrol dan mengecek pelanggan
                       yang masuk memberi komentar dengan menanggapi
                       komentar, pertanyaan dan pesan dari para pelanggan
                       dengan respon yang cepat dan sopan. Selain itu diharapkan
                       para pelaku usaha untuk dapat membuat konten interaktif,
                       seperti kuis, jajak pendapat, atau undian. Hal ini berguna
                       untuk menarik minat calon pelanggan maupun pelanggan
                       untuk meningkatkan keterlibatan pengguna dengan merek
                       yang dimiliki.
                 d.    Penggunaan hashtag (tagar) dan trending topics
                       Menggunakan  tagar yang relevan  dan  populer dalam
                       industri agribisnis untuk meningkatkan  visibilitas postingan
                       yang dimiliki. Hal ini berguna untuk meningkatkan lalu lintas
                       web (Smith, Fischer, & Yongjian, 2012) yang berguna untuk
                       meningkatkan lalu lintas dan peluang konversi. Kondisi ini
                       akan melahirkan pelanggan yang sadar dengan merek
                       dagang dari produk yang dihasilkan sehingga menguatkan
                       kesan  merek dagang  yang  dimiliki  atas  produk itu  sendiri.
                       Apabila visibilitas tinggi, maka peluang lebih besar untuk
   358   359   360   361   362   363   364   365   366   367   368