Page 362 - Trends in Science and Technology fo Sustainable Living
P. 362

Trends in Science and Technology   323
                                                   for Sustainable Living


                tren pasar, serta prediksi permintaan produk. Dengan informasi ini,
                petani dan produsen dapat membuat keputusan yang lebih cerdas
                dalam mengelola produksi dan mengalokasikan sumber daya agar
                lebih efisien.
                     Penerapan teknologi Internet of Things (IoT) telah membawa
                dampak  signifikan  dalam  agribisnis.  Penggunaan  sensor  dan
                perangkat terhubung menjadikan petani dapat memonitor dan
                mengelola pertanian mereka dengan lebih presisi, (Demiryurek dan
                Jacobson, 2014). Adopsi penggunaan teknologi dapat dicontohkan
                dengan penggunaan sensor tanah yang dapat memberikan
                informasi  tentang kelembaban  dan  kualitas  tanah,  dan  sensor
                cuaca yang dapat memberikan prediksi cuaca untuk membantu
                dalam perencanaan panen dan pengelolaan sumber daya air.
                     Transformasi digital dalam pemasaran produk agribisnis
                telah mengubah cara industri menjalankan roda usahanya.
                Pemanfaatan teknologi membuat petani dan produsen mampu
                meningkatkan visibilitas produk, menciptakan koneksi langsung
                dengan  konsumen,  dan  membuat  keputusan  yang  lebih  cerdas
                untuk meningkatkan produktivitas dan keuntungan. Namun
                demikian perlu disadari bahwa kesuksesan transformasi digital
                membutuhkan  pemahaman  mendalam  tentang  pasar  dan
                teknologi yang relevan serta kemampuan beradaptasi dengan
                cepat terhadap perubahan tren dan kebutuhan pasar. Melihat
                fenomena tersebut, telah hadir berbagai pelatihan dalam hal tata
                cara  berdagang  atau  memasarkan produk.  Para  pelaku  usaha
                dilatih bagaimana  menggunakan teknologi dan membuat  suatu
                produk hadir dengan tampilan semenarik mungkin agar dapat
                memikat calon pelanggan, diantaranya dengan melakukan hal-
                hal seperti berikut:
                a.   Membangun kehadiran merek (brand awareness)
                     Merek produk yang dibuat oleh para pelaku usaha yang
                     bergerak di sektor pertanian sudah dapat diarahkan untuk
                     membuat  halaman  atau  akun  bisnis  yang  khusus  untuk
                     produknya di  platform media sosial yang relevan seperti
                     Facebook,  Instagram,  Twitter,  atau  Linked  ln.  Setiap  profil
   357   358   359   360   361   362   363   364   365   366   367