Page 182 - Trends in Science and Technology fo Sustainable Living
P. 182
Trends in Science and Technology 143
for Sustainable Living
mana memiliki ekspektasi untuk dapat menghasilkan tulisan yang
otentik dan sumber artikel yang dirujuk otentik dan perlu diakses
untuk dipahami dengan baik isinya. Kemudian, diperlukan strategi
dan membuat aturan yang jelas dalam pemanfaatan ChatGPT
bagi mahasiswa untuk sejauh mana, terutama untuk membuat
tugas kuliah.
KESIMPULAN
Berdasarkan dari kajian literatur penelitian sebelumnya,
pemanfaatan ChatGPT yang dapat digunakan oleh pengajar
ataupun institusi pendidikan tinggi meliputi asistensi mahasiswa
dalam proses belajar mengajar. ChatGPT juga dapat membantu
dalam menggarap soal untuk kuis, tugas, ataupun ujian. Pola
prompt yang digunakan dari penelitian-penelitian sebelumnya
adalah pola Persona, di mana mengatur bagaimana ChatGPT
dapat berperilaku sebagai pengajar. Diikuti oleh pola Context
Control, Template, dan Question Refinement. ChatGPT juga dapat
dimanfaatkan untuk membuat sebuah perangkat lunak untuk
menilai hasil pembelajaran mahasiswa melalui percakapan yang
sudah memiliki template tertentu pada prompt tersembunyi.
Sehingga, ketika ditampilkan kepada mahasiswa, ChatGPT sudah
berperilaku sesuai dengan pengaturan dan pertanyaan apa saja
yang dapat ditanyakan berdasarkan capaian pembelajaran
mata kuliah. Berdasarkan dari kajian literatur mengenai rekayasa
prompt dan implementasinya, terdapat peluang untuk penelitian
selanjutnya mengenai topik implementasi atau membuat
model rekayasa prompt secara konkret untuk dapat diuji
coba dalam proses belajar mengajar. Terutama untuk konteks
pendidikan jarak jauh yang memiliki sistem yang berbeda dengan
pendidikan konvensional, hal ini dapat menjadi tantangan untuk
pengembangan model generative AI yang dapat diaplikasikan ke
sistem pendidikan jarak jauh.