Page 182 - Trends in Science and Technology fo Sustainable Living
P. 182

Trends in Science and Technology   143
                                                   for Sustainable Living


                mana memiliki ekspektasi untuk dapat menghasilkan tulisan yang
                otentik dan sumber artikel yang dirujuk otentik dan perlu diakses
                untuk dipahami dengan baik isinya. Kemudian, diperlukan strategi
                dan membuat aturan yang jelas dalam pemanfaatan  ChatGPT
                bagi  mahasiswa  untuk  sejauh  mana,  terutama  untuk  membuat
                tugas kuliah.

                KESIMPULAN

                     Berdasarkan dari kajian literatur penelitian sebelumnya,
                pemanfaatan  ChatGPT yang dapat digunakan oleh pengajar
                ataupun institusi pendidikan tinggi meliputi asistensi mahasiswa
                dalam  proses  belajar  mengajar.  ChatGPT  juga dapat  membantu
                dalam menggarap soal untuk kuis, tugas, ataupun ujian. Pola
                prompt yang digunakan dari penelitian-penelitian sebelumnya
                adalah pola  Persona, di mana mengatur bagaimana  ChatGPT
                dapat berperilaku sebagai pengajar. Diikuti oleh pola  Context
                Control, Template, dan Question Refinement. ChatGPT juga dapat
                dimanfaatkan untuk membuat sebuah perangkat lunak untuk
                menilai hasil pembelajaran mahasiswa melalui percakapan yang
                sudah memiliki  template tertentu pada  prompt tersembunyi.
                Sehingga, ketika ditampilkan kepada mahasiswa, ChatGPT sudah
                berperilaku sesuai dengan pengaturan dan pertanyaan apa saja
                yang dapat ditanyakan berdasarkan capaian pembelajaran
                mata kuliah. Berdasarkan dari kajian literatur mengenai rekayasa
                prompt dan implementasinya, terdapat peluang untuk penelitian
                selanjutnya mengenai topik implementasi atau membuat
                model rekayasa  prompt secara konkret untuk dapat diuji
                coba dalam proses belajar mengajar. Terutama untuk konteks
                pendidikan jarak jauh yang memiliki sistem yang berbeda dengan
                pendidikan konvensional, hal ini dapat menjadi tantangan untuk
                pengembangan model generative AI yang dapat diaplikasikan ke
                sistem pendidikan jarak jauh.
   177   178   179   180   181   182   183   184   185   186   187