Page 177 - Trends in Science and Technology fo Sustainable Living
P. 177
138 Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Terbuka (2023)
Nikolic et al. (2023) menguji coba dan menganalisis sampai
sejauh mana kinerja ChatGPT versi 3 dalam menjawab pertanyaan
beberapa bentuk penilaian dalam konteks pendidikan tinggi jurusan
teknik. ChatGPT dapat menjawab pertanyaan dengan baik untuk
menghitung berdasarkan parameter variabel yang telah ditentukan
untuk notasi yang bersifat umum. Pola yang disusun adalah
mengkombinasikan pola Input Semantics untuk mendeskripsikan
dan menyatakan variabel yang diperlukan oleh ChatGPT dalam
mengalkulasikan jawaban, menggunakan pola Context Control
untuk rumus kalkulasi yang digunakan, dan menghasilkan
prosedur atau berbagai langkah dalam memecahkan persoalan.
Untuk penggunaan di mata kuliah pemrograman, ChatGPT dapat
digunakan untuk membuat deretan baris kode untuk tugas
yang sederhana. Pola prompt yang digunakan adalah Output
Automatter untuk memberikan instruksi dan Context Control untuk
mendefinisikan spesifikasi yang dibutuhkan seperti nama fungsi,
tipe dan isi variabel. Untuk jenis tugas dalam bentuk laporan
kerja, pola prompt yang dapat digunakan adalah Recipe untuk
dapat menghasilkan langkah-langkah atau pola Reflective untuk
menjelaskan analisis argumen, kemudian dikombinasikan dengan
pola Context Control untuk menspesifikasikan apa saja yang perlu
dimasukkan atau berfokus pada topik apa dalam hasil keluaran
mesin. Untuk jenis tugas observasi hasil laboratorium terutama
jika sangat bergantung pada aplikasi atau simulasi, hasil yang
dikeluarkan terlalu umum. Untuk jenis tugas membuat template
surat, dapat menggunakan pola Template dan digabungkan
dengan pola Context Control.
Ellis dan Slade (2023) menguji coba penggunaan prompt
yang dapat membantu pengajar khususnya di bidang statistik
dan sains data dalam menghasilkan sejumlah pertanyaan
ujian berbasis uraian yang ditetapkan oleh pengguna dengan
menggunakan pola Question Refinement. Adapun pola prompt
yang dapat digunakan untuk memberikan rekomendasi secara
umum dalam pengembangan materi pembelajaran menggunakan
pola Fact Check List. Walaupun dalam pengembangan materi, hasil
yang dikeluarkan oleh ChatGPT tetap harus disikapi dengan kritis