Page 177 - Trends in Science and Technology fo Sustainable Living
P. 177

138    Fakultas Sains dan Teknologi
                   Universitas Terbuka (2023)


                       Nikolic et al. (2023) menguji coba dan menganalisis sampai
                 sejauh mana kinerja ChatGPT versi 3 dalam menjawab pertanyaan
                 beberapa bentuk penilaian dalam konteks pendidikan tinggi jurusan
                 teknik.  ChatGPT dapat menjawab pertanyaan dengan baik untuk
                 menghitung berdasarkan parameter variabel yang telah ditentukan
                 untuk  notasi  yang  bersifat  umum.  Pola  yang  disusun  adalah
                 mengkombinasikan pola  Input  Semantics untuk mendeskripsikan
                 dan menyatakan variabel yang diperlukan oleh  ChatGPT dalam
                 mengalkulasikan  jawaban,  menggunakan  pola  Context Control
                 untuk rumus kalkulasi yang digunakan, dan menghasilkan
                 prosedur atau berbagai langkah dalam memecahkan persoalan.
                 Untuk penggunaan di mata kuliah pemrograman, ChatGPT dapat
                 digunakan untuk membuat deretan baris kode untuk tugas
                 yang  sederhana.  Pola  prompt  yang  digunakan  adalah  Output
                 Automatter untuk memberikan instruksi dan Context Control untuk
                 mendefinisikan  spesifikasi  yang  dibutuhkan  seperti  nama  fungsi,
                 tipe  dan  isi  variabel.  Untuk jenis  tugas  dalam  bentuk  laporan
                 kerja,  pola  prompt yang  dapat digunakan  adalah  Recipe untuk
                 dapat  menghasilkan  langkah-langkah  atau  pola  Reflective  untuk
                 menjelaskan analisis argumen, kemudian dikombinasikan dengan
                 pola Context Control untuk menspesifikasikan apa saja yang perlu
                 dimasukkan atau berfokus pada topik apa dalam hasil keluaran
                 mesin.  Untuk  jenis  tugas  observasi  hasil  laboratorium  terutama
                 jika sangat bergantung pada aplikasi atau simulasi, hasil yang
                 dikeluarkan  terlalu  umum. Untuk  jenis  tugas  membuat  template
                 surat, dapat menggunakan pola  Template dan digabungkan
                 dengan pola Context Control.
                       Ellis dan Slade (2023) menguji coba penggunaan  prompt
                 yang dapat membantu pengajar khususnya di bidang statistik
                 dan sains data dalam menghasilkan sejumlah pertanyaan
                 ujian berbasis uraian yang ditetapkan oleh pengguna dengan
                 menggunakan pola  Question  Refinement. Adapun pola  prompt
                 yang dapat digunakan untuk memberikan rekomendasi secara
                 umum dalam pengembangan materi pembelajaran menggunakan
                 pola Fact Check List. Walaupun dalam pengembangan materi, hasil
                 yang dikeluarkan oleh ChatGPT tetap harus disikapi dengan kritis
   172   173   174   175   176   177   178   179   180   181   182