Page 176 - Trends in Science and Technology fo Sustainable Living
P. 176

Trends in Science and Technology   137
                                                   for Sustainable Living


                1.   Kajian Penelitian Sebelumnya
                     Gimpel et al. (2023) merekomendasikan penggunaan bagi
                institusi  atau  pengajar  dalam  mendukung  proses  mengajar  dan
                dalam proses penilaian. Pada proses mengajar,  ChatGPT dapat
                digunakan untuk menetapkan capaian pembelajaran pada suatu
                mata kuliah, membuat materi pembelajaran, dan membuat
                latihan kuis untuk mahasiswa, dan meningkatkan pemahaman
                atau melatih kemampuan berpikir kritis. Pada proses penilaian,
                ChatGPT dapat digunakan untuk merancang soal ujian, membantu
                format penilaian atau rubrik, membimbing pada tugas mata kuliah,
                dan membantu dalam mengevaluasi kriteria penilaian tugas.
                Namun, pada penelitian Gimpel et al. (2023) ini hanya membahas
                contoh konkrit dalam pemanfaatan prompt ChatGPT pada bagian
                membuat rencana pembelajaran dan membuat kuis. Pembuatan
                rencana pembelajaran menggunakan  prompt “Dapatkah kamu
                membuat rencana pembelajaran untuk topik X untuk mahasiswa”.
                Pola ini dapat digunakan sebagai pola Recipe atau Template, dan
                dapat dikombinasikan dengan pola  Alternative  Approach. Untuk
                pembuatan kuis, model prompt yang digunakan adalah: “Dapatkah
                kamu membantu membuat kuis terkait topik X untuk mahasiswa?
                Hanya pertanyaan-pertanyaannya saja”. Pola pembuatan kuis ini
                dapat digunakan sebagai pola  Flipped  Interaction atau  Question
                Refinement, kemudian dapat dikombinasikan dengan pola
                Template seperti: “Tolong hasilkan pertanyaan multiple choice yang
                terdiri dari 4 pilihan dan hanya satu pilihan yang benar”.  Prompt
                serupa direkomendasikan oleh Van Sylke, Johnson, & Sarabadani
                (2023) dalam menghasilkan sebuah pertanyaan pilihan ganda
                dan juga soal uraian. Akan tetapi, artikel Gimpel et al. (2023)
                belum menguji coba bagaimana hasil kinerja dari prompt tersebut
                dan kajian lebih dalam, sedangkan artikel Van Sylke, Johnson, &
                Sarabadani (2023) membahas implikasi dari penggunaan AI untuk
                di program studi Sistem Informasi seperti meningkatkan penilaian
                pembelajaran  berbasis  kemampuan  berpikir  tingkat  tinggi  dan
                mengkontekstualkan kegiatan pembelajaran dan penilaian hasil
                belajar  yang datang dari  pengalaman di kelas  ataupun dari
                pengalaman pribadi murid.
   171   172   173   174   175   176   177   178   179   180   181