Page 172 - Trends in Science and Technology fo Sustainable Living
P. 172

Trends in Science and Technology   133
                                                   for Sustainable Living


                5.   Interaction
                     a.    Flipped Interaction yang berfokus untuk memberikan
                           perintah kepada model  generative AI untuk
                           membuat pertanyaan untuk mendapatkan informasi
                           yang dibutuhkan dalam mencapai suatu tujuan atau
                           tugas. Rumus dari  prompt tersebut adalah “Saya
                           ingin kamu mengajukan pertanyaan untuk mencapai
                           X”
                     b.    Game Play  yang berfokus pada menghasilkan
                           sebuah permainan mengenai topik tertentu dengan
                           menspesifikasikan sekumpulan aturan dalam ruang
                           lingkup yang terbatas. Rumus dari  prompt tersebut
                           adalah “Buatlah sebuah permainan mengenai X dan
                           buat satu atau lebih aturan penting terkait permainan
                           yang dibuat”
                     c.    Infinite Generation yang berfokus pada menghasilkan
                           serangkaian  keluaran  secara  otomatis  yang
                           ditujukan sampai penggunakan menyatakan kondisi
                           untuk berhenti kepada model generative AI
                6.   Context Control, pola ini berfokus untuk memberikan
                     pernyataan   atau   justru  menghilangkan/membuat
                     pengecualian pada konteks/topik dari konten yang akan
                     dihasilkan. Pola ini juga dapat mempertimbangkan
                     kebutuhan spesifikasi atau menghindari hasil yang berpotensi
                     ambigu dan tidak diharapkan dalam merekayasa sebuah
                     perangkat lunak (White et al., 2023). Rumus dari prompt ini
                     adalah “Dalam ruang lingkup X”, “Tolong perhatikan Y”, dan
                     “Tolong hiraukan “.

                     Enam pola berdasarkan White et al. (2023) ini dapat
                menjadi dasar untuk mengkategorikan hasil kajian dari tinggi
                penelitian-penelitian sebelumnya mengenai pemanfaatan prompt
                engineering di bidang pendidikan.
   167   168   169   170   171   172   173   174   175   176   177