Page 167 - Trends in Science and Technology fo Sustainable Living
P. 167
128 Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Terbuka (2023)
PENDAHULUAN
Pada 30 November 2022, sebuah model generative Artificial
Intelligence (AI) bernama ChatGPT diluncurkan secara publik oleh
sebuah perusahaan berbasis penelitian bernama OpenAI, dan
menarik perhatian masyarakat global hingga mencapai 100 juta
pengguna aktif dalam kurun waktu 2 bulan setelahnya (Maréchal,
n.d.). Model generative ini bekerja dengan menggabungkan konsep
model prediktif dan model sistem kepakaran, sehingga dapat
mengambil hasil prediksi terbaik dari jutaan kueri yang bersumber
dari bank data dalam jumlah masif (Murray, n.d.). Pemanfaatan
model generative artificial intelligence ini dapat membantu
karyawan di perusahaan dalam pekerjaan yang bersifat rutinitas
agar dapat melakukan hal yang lebih produktif seperti meningkatkan
keterampilan dan pengembangan diri, mengasah kreativitas, dan
brainstorming ide dan strategi untuk keberlangsungan perusahaan
(Standfort University, n.d.). Sebagai contoh, di bagian customer
services dapat terbantu dalam menjawab keluhan atau tiket yang
masuk, atau di bagian sales dan marketing dapat terbantu dalam
menuliskan konten pengenalan produk ataupun jasa kepada calon
konsumen, dan membangun komunikasi serta relasi dengan klien
(Marr, 2023).
Di bidang pendidikan akademik dan riset terutama di
perguruan tinggi, penggunaan ChatGPT ini dapat membantu
pengajar dalam kegiatan belajar mengajar seperti membuat
materi yang membahas poin penting di suatu mata kuliah,
membuat penilaian formatif, membuat contoh dalam bagaimana
cara mengerjakan tugas, dan membuat draft feedback tugas
berdasarkan capaian mata kuliah menggunakan taksonomi bloom
(CLEAR, n.d.). Keberadaan inovasi berbasis artificial intelligence ini
memunculkan diskusi dan perdebatan mengenai potensi ancaman
ChatGPT terhadap pendidikan tinggi. Namun, keberadaannya di
dalam masyarakat global juga tidak dapat dihindari atau disikapi
dengan ketakutan berlebihan. Keberadaan ChatGPT perlu dirangkul
oleh para pengajar dan institusi untuk membangun transformasi