Page 164 - Trends in Science and Technology fo Sustainable Living
P. 164
Trends in Science and Technology 125
for Sustainable Living
KAJIAN LITERATUR MODEL PROMPT ENGINEERING
ChatGPT UNTUK PENGAJAR DI INSTITUSI
PENDIDIKAN JARAK JAUH
SYSTEMMATIC LITERATURE REVIEW OF THE
PROMPT ENGINEERING MODEL OF ChatGPT FOR
TEACHER AT DISTANCE EDUCATION INSTITUTIONS
1*
Fitria Amastini , Dwi Astuti Aprijani , Dimas Agung Prasetyo ,
1
1
Aime Jeslyn Summerlie 1
1 Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Sains dan Teknologi,
Universitas Terbuka
*amas@ecampus.ut.ac.id
ABSTRAK
ChatGPT adalah model generative artificial intelligence (AI)
yang mendapat perhatian dari masyarakat global. ChatGPT
dapat dimanfaatkan oleh karyawan di perusahaan untuk
membantu pekerjaan dan meningkatkan produktivitasnya.
Di bidang pendidikan dan riset di pendidikan tinggi, ChatGPT
mendapat reaksi positif maupun negatif. Inovasi berbasis AI ini
menimbulkan perdebatan mengenai potensi ancaman ChatGPT
terhadap pendidikan tinggi. Namun, inovasi tidak dapat dihentikan
dan suatu saat perlu untuk merangkul keberadaaan model
generative AI. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penelitian-
penelitian sebelumnya terkait implementasi rekayasa prompt
dalam memanfaatkan model generative AI di pendidikan tinggi
untuk mendukung proses belajar mengajar. Rekayasa prompt
memiliki beberapa pola tertentu dan dapat dikombinasikan
untuk menghasilkan keluaran yang sesuai harapan. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah Systematic Literature Review