Page 318 - Science and Technology For Society 5.0
P. 318
~ Science and Technology for Society 5.0 ~ 281
Visualisasi penilaian konsumen pada Gambar 6 menggambarkan posisi
faktor persaingan yang dievaluasi oleh konsumen. Evaluasi menunjukkan
bahwa PT Alinda memiliki skor yang lebih tinggi dibandingkan dengan
pesaing dalam beberapa faktor seperti faktor harga (A), faktor kecerahan
warna (F), faktor daya tahan (G), faktor layanan negosiasi pembayaran (J)
dan faktor jaminan kualitas produk (M). Sedangkan faktor bebas hama dan
penyakit (B), faktor kemudahan pemesanan, dan (I) nilai evaluasi yang
dimiliki PT Alinda berada di bawah nilai pesaing. Namun demikian, kanvas
strategi menunjukan pola yang mirip diantara PT Alinda dan industry lain,
hal tersebut mengindikasikan adanya situasi Samudera Merah pada industri
Krisan di Cianjur.
Hasil perumusan strategi menggunakan pendekatan Blue ocean
kemudian memberikan pandangan dan juga masukan yang berbeda bagi PT
Alinda terkait dengan inovasi nilai yang perlu dilakukannya. Pembuatan
kanvas strategi yang baru ini masih mengacu dari kanvas strategi
sebelumnya untuk menentukan sumbu horizontal dan sumbu vertikal.
Namun demikian, faktor kompetisi yang diplotkan sudah diproses dengan
mengevaluasi kanvas sebelumnya menggunakan prinsip dan pendekatan
Blue ocean Strategy. Gambar 7 mengilustrasikan bahwa setelah dilakukan
analisa menggunakan pendekatan Strategi Samudera Biru, PT Alinda
merumuskan inovasi nilai yang kemudian membedakan strategi bisnisnya
dengan mayoritas pelaku usaha industri krisan di Cianjur. Hal tersebut akan
membuat persaingan pelaku usaha krisan di Cianjur menjadi tidak relevan
lagi.