Page 318 - Science and Technology For Society 5.0
P. 318

~ Science and Technology for Society 5.0 ~  281


                   Visualisasi penilaian konsumen pada Gambar 6 menggambarkan posisi
               faktor persaingan yang dievaluasi oleh konsumen. Evaluasi menunjukkan
               bahwa  PT  Alinda  memiliki  skor  yang  lebih  tinggi  dibandingkan  dengan
               pesaing dalam beberapa faktor seperti faktor harga (A), faktor kecerahan
               warna (F), faktor daya tahan (G), faktor layanan negosiasi pembayaran (J)
               dan faktor jaminan kualitas produk (M). Sedangkan faktor bebas hama dan
               penyakit  (B),  faktor  kemudahan  pemesanan,  dan  (I)  nilai  evaluasi  yang
               dimiliki PT Alinda berada di bawah nilai pesaing. Namun demikian, kanvas
               strategi menunjukan pola yang mirip diantara PT Alinda dan industry lain,
               hal tersebut mengindikasikan adanya situasi Samudera Merah pada industri
               Krisan di Cianjur.
                   Hasil  perumusan  strategi  menggunakan  pendekatan  Blue  ocean
               kemudian memberikan pandangan dan juga masukan yang berbeda bagi PT
               Alinda  terkait  dengan  inovasi  nilai  yang  perlu  dilakukannya.  Pembuatan
               kanvas  strategi  yang  baru  ini  masih  mengacu  dari  kanvas  strategi
               sebelumnya  untuk  menentukan  sumbu  horizontal  dan  sumbu  vertikal.
               Namun demikian, faktor kompetisi yang diplotkan sudah diproses dengan
               mengevaluasi  kanvas  sebelumnya  menggunakan  prinsip  dan  pendekatan
               Blue ocean Strategy.  Gambar 7 mengilustrasikan bahwa setelah dilakukan
               analisa  menggunakan  pendekatan  Strategi  Samudera  Biru,  PT  Alinda
               merumuskan inovasi nilai yang kemudian membedakan strategi bisnisnya
               dengan mayoritas pelaku usaha industri krisan di Cianjur. Hal tersebut akan
               membuat persaingan pelaku usaha krisan di Cianjur menjadi tidak relevan
               lagi.
   313   314   315   316   317   318   319   320   321   322   323