Page 314 - Science and Technology For Society 5.0
P. 314
~ Science and Technology for Society 5.0 ~ 277
mengenai analisa inovasi nilai pada usaha agribisnis dikaji sehingga
diharapkan akan muncul gagasan-gagasan baru dalam pengembangan
agribisnis yang modern dan adaptif terhadap perubahan zaman. Beberapa
contoh kajian inovasi nilai pada sektor pertanian, antara lain: agribisnis kopi,
peternakan sapi perah, objek wisata, dan pada industri bunga krisan.
Komoditas kopi merupakan salah satu komoditas perkebunan strategis
yang diproduksi di Indonesia. Daya tarik komoditas kopi umumnya
bersumber dari cita rasa, aroma, hingga kultur yang melekat dalam proses
budi daya hingga pengolahannya. Selain sebagai produsen, Indonesia juga
merupakan salah satu negara eksportir kopi terbesar dunia. Perkebunan
kopi di Indonesia tercatat mencapai luas total wilayah 1.23 juta hektar, yang
terdiri dari 900 ribu hektar perkebunan kopi robusta dan 330 ribu hektar
perkebunan kopi arabika (Siregar & Irawan, 2021).
Di tengah geliat bisnis minuman kopi yang menunjukkan tren positif,
petani kopi di daerah sentra produksi tidak serta merta merasakan imbas
positifnya. Samrin & Irawan (2021) melakukan analisis inovasi nilai pada
petani kopi gayo di Kabupaten Takengon, Aceh. Dalam penelitiannya
diketahui bahwa petani kopi gayo di Kabupaten Takengon menghadapi
situasi persaingan dalam industri kopi. Hal ini ditunjukkan dengan kurva nilai
yang hampir sama antar pelaku usaha satu dan lainnya. Kondisi demikian
menggambarkan bahwa petani Kopi Gayo di Kabupaten Takengon
menghadapi situasi yang disebut dengan “Samudera Merah”. Faktor harga,
keramahan dan kesopanan pramusaji, serta kebersihan dan kualitas kopi
menjadi faktor yang beririsan dalam Kanvas Strategi Kopi Gayo di Kabupaten
Takengon. Situasi persaingan seperti ini mendorong petani kopi gayo ke
dalam perebutan pangsa pasar yang semakin sedikit. Kondisi tersebut
diperburuk dengan pembatasan kegiatan sosial selama masa Pandemi
Covid-19. Persaingan antar petani Kopi Gayo dikarenakan sulitnya penjualan
di masa pandemi Covid-19.
Analisa inovasi nilai dan perumusan Strategi Samudera Biru pada kasus
industri Kopi Gayo di Kabupaten Takengon adalah dengan merekonstruksi
batasan pasarnya. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara meningkatkan
keramahan, kesopanan dan ketersediaan produk yang berkualitas. Lebih
lanjut, inovasi nilai dapat dilakukan dengan menawarkan jenis produk baru
selain kopi, yakni penawaran auditorium untuk lokasi pameran, penawaran
paket produk, pelaksanaan promosi melalui media sosial, serta penawaran
fasilitas pendukung yang tidak meningkatkan biaya namun menambah nilai
tambah untuk konsumen (Samrin & Irawan, 2021).