Page 319 - Science and Technology For Society 5.0
P. 319

282  ~ Seminar Internasional FST UT 2021 ~




















          Keterangan:
          A  = Faktor harga
          B   = Faktor bebas hama dan penyakit
          F   = Faktor kecerahan warna
          G  = Faktor daya tahan bunga
          I   = Faktor kemudahan pemesanan
          J   = Faktor pelayanan negosiasi pembayaran
          M  = Faktor jaminan kualitas produk
          1   = Faktor pemesanan rangkaian bunga
          2   = Faktor kerajinan bunga kering
          3   = Faktor fasilitas jasa penunjang
          4   = Faktor diversifikasi produk (produk olahan)
          Sumber: Nurunisa dan Dewi, 2021

            Gambar 7. Ilustrasi Kanvas Strategi PT Alinda di Masa Depan Terhadap
                 Pesaing Menggunakan Pendekatan Blue Ocean Strategy

             Berdasarkan  kajian  terhadap  hasil  studi  inovasi  nilai  dengan
          menggunakan  pendekatan  Strategi  Samudera  Biru  yang  dilakukan  oleh
          Hidayat  (2021),  Putritamara  et  al.  (2020);  Samrin  &  Irawan  (2021)  serta
          Nurunisa  &  Dewi  (2021)  diketahui  bahwa  masih  banyak  ruang  untuk
          eksplorasi  dan  inovasi  pada  usaha-usaha  berwawasan  agribisnis.  Inovasi
          berwawasan  agribisnis  yang  dimaksud  adalah  inovasi  pengembangan
          produk pertanian secara luas yang terintegrasi mulai dari subsistem hulu
          hingga ke hilir dan penunjang. Dari kajian tersebut diketahui bahwa usaha
   314   315   316   317   318   319   320   321   322   323   324