Page 319 - Science and Technology For Society 5.0
P. 319
282 ~ Seminar Internasional FST UT 2021 ~
Keterangan:
A = Faktor harga
B = Faktor bebas hama dan penyakit
F = Faktor kecerahan warna
G = Faktor daya tahan bunga
I = Faktor kemudahan pemesanan
J = Faktor pelayanan negosiasi pembayaran
M = Faktor jaminan kualitas produk
1 = Faktor pemesanan rangkaian bunga
2 = Faktor kerajinan bunga kering
3 = Faktor fasilitas jasa penunjang
4 = Faktor diversifikasi produk (produk olahan)
Sumber: Nurunisa dan Dewi, 2021
Gambar 7. Ilustrasi Kanvas Strategi PT Alinda di Masa Depan Terhadap
Pesaing Menggunakan Pendekatan Blue Ocean Strategy
Berdasarkan kajian terhadap hasil studi inovasi nilai dengan
menggunakan pendekatan Strategi Samudera Biru yang dilakukan oleh
Hidayat (2021), Putritamara et al. (2020); Samrin & Irawan (2021) serta
Nurunisa & Dewi (2021) diketahui bahwa masih banyak ruang untuk
eksplorasi dan inovasi pada usaha-usaha berwawasan agribisnis. Inovasi
berwawasan agribisnis yang dimaksud adalah inovasi pengembangan
produk pertanian secara luas yang terintegrasi mulai dari subsistem hulu
hingga ke hilir dan penunjang. Dari kajian tersebut diketahui bahwa usaha