Page 316 - Science and Technology For Society 5.0
P. 316

~ Science and Technology for Society 5.0 ~  279

























               Sumber: Hidayat, 2021

                 Gambar 5. Kanvas Strategi Awal Wisata Alam Umbul Besuki  dan Umbul
                                          Ponggok

                   Hidayat (2021) memaparkan hasil analisa Blue Ocean Strategy dalam
               bentuk rekomendasi inovasi yang dapat dilakukan oleh objek wisata alam
               Umbul Besuki untuk mewujudkan diferensiasi produknya. Pemetaan faktor-
               faktor kompetisi baru menghasilkan perubahan dalam grafik kanvas strategi
               objek  wisata  Umbul  Besuki  melalui  peningkatan  di  variabel  wahana,
               pelayanan,  keamanan,  promosi  serta  faktor  menu  kuliner.  Selain  itu
               divergensi dengan penciptaan inovasi nilai yang direkomendasikan untuk
               objek wisata Umbul Besuki diantaranya yaitu: penciptaan atribut ekowisata,
               sarana pernikahan outdoor, glamping ground dan atraksi yang dikenakan
               tarif.  Dengan  demikian,  diharapkan  objek  wisata  Umbul  Besuki  dapat
               menciptakan  pasar  baru  bagi  bisnisnya  dan  tidak  perlu  terlibat  dalam
               persaingan ketat di industri Samudera Merah.
                   Bentuk implementasi inovasi nilai lain juga ditunjukkan pada studi yang
               dilakukan oleh Nurunisa  & Dewi (2021) pada industri krisan di Kabupaten
               Cianjur. Kabupaten Cianjur merupakan salah satu produsen krisan terbesar
               di  Indonesia.  Tercatat  sekitar  46  petani  dan/atau  pelaku  usaha  krisan  di
               Cianjur  yang  saling  berkompetisi  baik  di  pasar  domestik  maupun  pasar
   311   312   313   314   315   316   317   318   319   320   321