Page 316 - Science and Technology For Society 5.0
P. 316
~ Science and Technology for Society 5.0 ~ 279
Sumber: Hidayat, 2021
Gambar 5. Kanvas Strategi Awal Wisata Alam Umbul Besuki dan Umbul
Ponggok
Hidayat (2021) memaparkan hasil analisa Blue Ocean Strategy dalam
bentuk rekomendasi inovasi yang dapat dilakukan oleh objek wisata alam
Umbul Besuki untuk mewujudkan diferensiasi produknya. Pemetaan faktor-
faktor kompetisi baru menghasilkan perubahan dalam grafik kanvas strategi
objek wisata Umbul Besuki melalui peningkatan di variabel wahana,
pelayanan, keamanan, promosi serta faktor menu kuliner. Selain itu
divergensi dengan penciptaan inovasi nilai yang direkomendasikan untuk
objek wisata Umbul Besuki diantaranya yaitu: penciptaan atribut ekowisata,
sarana pernikahan outdoor, glamping ground dan atraksi yang dikenakan
tarif. Dengan demikian, diharapkan objek wisata Umbul Besuki dapat
menciptakan pasar baru bagi bisnisnya dan tidak perlu terlibat dalam
persaingan ketat di industri Samudera Merah.
Bentuk implementasi inovasi nilai lain juga ditunjukkan pada studi yang
dilakukan oleh Nurunisa & Dewi (2021) pada industri krisan di Kabupaten
Cianjur. Kabupaten Cianjur merupakan salah satu produsen krisan terbesar
di Indonesia. Tercatat sekitar 46 petani dan/atau pelaku usaha krisan di
Cianjur yang saling berkompetisi baik di pasar domestik maupun pasar