Page 315 - Science and Technology For Society 5.0
P. 315
278 ~ Seminar Internasional FST UT 2021 ~
Perumusan strategi inovasi pada usaha agribisnis tidak selamanya kaku
dengan menggunakan pakem-pakem Samudera Biru. Putritamara, Azizah,
Ningsih, Haryono, & Ridwan (2020) menganalisis perumusan strategi inovasi
pada peternak sapi perah di Nusa Pelangi Agro Tourism, Malang. Analisis
tersebut dilakukan dengan menggunakan pendekatan campuran antara Red
ocean dan Blue ocean, yakni Purple Ocean Strategy. Strategi samudra merah
dan samudra biru masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.
Dalam penelitiannya (Putritamara et al., 2020) menjabarkan bahwa
implementasi strategi samudera biru pada kasus peternak sapi perah tidak
relevan mengingat penciptaan pasar baru akan berdampak pada
peningkatan biaya yang tidak dapat ditanggung peternak. Namun demikian,
peternak juga tidak dapat bertahan sepenuhnya menggunakan strategi
samudera merah di tengah persaingan yang ketat, karena lambat laun bisnis
akan menjadi kurang menguntungkan. Sehingga, kombinasi keduanya
merupakan strategi tengah yang dapat dilakukan.
Hasil analisa strategi tengah menunjukan bahwa inovasi dapat
dilakukan dengan cara menghentikan cara berjualan hard selling, dan
menghapuskan daftar harga yang tertera pada media sosial instagram. Lebih
lanjut, direkomendasikan juga untuk mengurangi konten yang tidak sesuai
dengan segmentasi dan target pasar. Strategi peningkatan perlu dilakukan
dalam hal peningkatan kemudahan mengakses website atau media sosial
bagi konsumen, peningkatan kualitas produk susu, peningkatan kualitas
kemasan, dan lainnya. Peternak sapi perah di Nusa Pelangi Agro Tourism
juga dapat menciptakan penawaran baru, seperti promosi personal
branding bahwa susu peternak sapi perah merupakan produsen susu
berbasis agro-educational tourism, menciptakan kerjasama dengan pesaing
melalui frontal partnerships, menciptakan konten menarik dalam media
online usaha, dan lainnya.
Implementasi inovasi nilai lainnya dianalisa oleh Hidayat (2021) yang
memotret strategi pengembangan objek wisata Umbul Besuki, di Kabupaten
Klaten. Berdasarkan analisa kanvas strategi awal yang dilakukan, diketahui
bahwa tingkat persaingan antara objek wisata alam Umbul Besuki dengan
Umbul Ponggok menggambarkan situasi Samudera Merah. Hal tersebut
ditunjukan dalam hasil identifikasi faktor kompetitif yang ditawarkan oleh
kedua objek wisata. Gambar 5 menunjukan kanvas strategi awal kedua
objek wisata tersebut.