Page 315 - Science and Technology For Society 5.0
P. 315

278  ~ Seminar Internasional FST UT 2021 ~


             Perumusan strategi inovasi pada usaha agribisnis tidak selamanya kaku
          dengan menggunakan pakem-pakem Samudera Biru. Putritamara, Azizah,
          Ningsih, Haryono, & Ridwan (2020) menganalisis perumusan strategi inovasi
          pada peternak sapi perah di Nusa Pelangi Agro Tourism, Malang. Analisis
          tersebut dilakukan dengan menggunakan pendekatan campuran antara Red
          ocean dan Blue ocean, yakni Purple Ocean Strategy. Strategi samudra merah
          dan  samudra  biru  masing-masing  memiliki  kelebihan  dan  kekurangan.
          Dalam  penelitiannya  (Putritamara  et  al.,  2020)  menjabarkan  bahwa
          implementasi strategi samudera biru pada kasus peternak sapi perah tidak
          relevan  mengingat  penciptaan  pasar  baru  akan  berdampak  pada
          peningkatan biaya yang tidak dapat ditanggung peternak. Namun demikian,
          peternak  juga  tidak  dapat  bertahan  sepenuhnya  menggunakan  strategi
          samudera merah di tengah persaingan yang ketat, karena lambat laun bisnis
          akan  menjadi  kurang  menguntungkan.  Sehingga,  kombinasi  keduanya
          merupakan strategi tengah yang dapat dilakukan.
             Hasil  analisa  strategi  tengah  menunjukan  bahwa  inovasi  dapat
          dilakukan  dengan  cara  menghentikan  cara  berjualan  hard  selling,  dan
          menghapuskan daftar harga yang tertera pada media sosial instagram. Lebih
          lanjut, direkomendasikan juga untuk mengurangi konten yang tidak sesuai
          dengan segmentasi dan target pasar. Strategi peningkatan perlu dilakukan
          dalam hal peningkatan kemudahan mengakses website atau media sosial
          bagi  konsumen,  peningkatan  kualitas  produk  susu,  peningkatan  kualitas
          kemasan, dan lainnya. Peternak sapi perah di Nusa Pelangi Agro Tourism
          juga  dapat  menciptakan  penawaran  baru,  seperti  promosi  personal
          branding  bahwa  susu  peternak  sapi  perah  merupakan  produsen  susu
          berbasis agro-educational tourism, menciptakan kerjasama dengan pesaing
          melalui  frontal  partnerships,  menciptakan  konten  menarik  dalam  media
          online usaha, dan lainnya.
             Implementasi inovasi nilai lainnya dianalisa oleh  Hidayat (2021) yang
          memotret strategi pengembangan objek wisata Umbul Besuki, di Kabupaten
          Klaten. Berdasarkan analisa kanvas strategi awal yang dilakukan, diketahui
          bahwa tingkat persaingan antara objek wisata alam Umbul Besuki dengan
          Umbul  Ponggok  menggambarkan  situasi  Samudera  Merah.  Hal  tersebut
          ditunjukan dalam hasil identifikasi faktor kompetitif yang ditawarkan oleh
          kedua  objek  wisata.  Gambar  5  menunjukan  kanvas  strategi  awal  kedua
          objek wisata tersebut.
   310   311   312   313   314   315   316   317   318   319   320