Page 37 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 37

Kreatif















                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                 Konektivitas














                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                             Kolaborasi














                                                                                                                                                                                                                                                                                Kontekstual















                                                                                                                                                                     Konvergensi




















































                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                    Gambar 7. 5K Proses Pembelajaran






















































                                                                                                                     Penulis sendiri merangkum ada 5 prinsip yang harus dipenuhi ketika menerapkan TIK dalam

























                                                                                                                     pendidikan, sebagai berikut:
























                                                                                                                     1)                                 Pemanfaatan  TIK  seharusnya  bisa  menumbuhkan  kesadaran  dan  keyakinan  pada

























                                                                                                                                                        pembelajar  bahwa  kegiatan  yang  dilakukan  harus  memiliki  urgensi.  Kegiatan  tersebut

























                                                                                                                                                        penting dilakukan misalnya adalah membahas akan pentingnya interkasi antara individu
























                                                                                                                                                        dengan dirinya, lingkungannya, dan Tuhan-nya.

























                                                                                                                     2) Pemanfaatan TIK sebaiknya mendorong pengguna untuk menjadi lebih kreatif dan inovatif
























                                                                                                                                                        sehingga tidak hanya puas menjadi konsumen informasi berbasis TIK.

























                                                                                                                     3) Pemanfaatan TIK dalam pendidikan sebaiknya mempertimbangkan karakteristik peserta

























                                                                                                                                                        didik, pendidik, dan tenaga kependidikan dalam keseluruhan pembuatan keputusan TIK.
























                                                                                                                     4) Pemanfaatan TIK sebaiknya menjaga bahwa kelompok sasaran tetap dapat mengapresiasi

























                                                                                                                                                        teknologi  komunikasi  yang  sederhana  dan  kegiatan-kegiatan  pembelajaran  tanpa  TIK

























                                                                                                                                                        karena tuntutan penguasaan kompetensi terkait dalam rangka mengembangkan seluruh
























                                                                                                                                                        potensi siswa secara seimbang.

























                                                                                                                     5) Pemanfaatan TIK sebaiknya dirancang untuk memperkuat minat dan motivasi pengguna
























                                                                                                                                                        untuk  menggunakannya  semata  guna  meningkatkan  dirinya,  baik  dari  segi  intelektual,

























                                                                                                                                                        spiritual (rohani), sosial, maupun ragawi.
























                                                                                                                                                                             Nah itulah 5 prinsip yang harus diterapkan. Selain itu untuk memperkuat prinsip-prinsip

























                                                                                                                     yang telah dikemukakan, seorang guru juga harus mampu memberikan pembelajaran dengan

























                                                                                                                     cara-cara yang interaktif, sehingga peserta didik akan ikut memberikan respon atau feedback






























































                                                           26                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                 Pendidikan Untuk Generasi Z
   32   33   34   35   36   37   38   39   40   41   42