Page 32 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 32

memaksa, karena setiap orang pasti memiliki sudut pandang yang berbeda-beda. Menurut
























                                                                                                                                                                                        Herwood (dalam Adning & Warshina, 2019) menjelaskan, kehadiran internet berawal akhir

























                                                                                                                                                                                        dekade 60-an saat itu, United state Department of Defense (DoD) memerlukan standar

























                                                                                                                                                                                        baru untuk komunikasi Internet working. Standar baru ini dapat menghubungkan berbagai
























                                                                                                                                                                                        jenis komputer di DoD dengan komputer milik kontraktor militer, organisasi penelitian dan

























                                                                                                                                                                                        ilmiah di universitas. Nah, sejak saat itu internat berkembang dan terus dimanfaatkan di
























                                                                                                                                                                                        seluruh dunia, untuk memperoleh informasi mengenai pendidikan, politik, agama, budaya

























                                                                                                                                                                                        dan bahkan hiburan serta shopping yang semakin memanjakan penggunanya. Mengingat hal
























                                                                                                                                                                                        itu, kita melihat internet bukanlah menjadi sebuah barang mewah, namun menjadi barang

























                                                                                                                                                                                        yang sangat dibutuhkan. Apalagi segala aktivitas yang dilakukan tidak pernah lepas dari

























                                                                                                                                                                                        internet, karena pastinya internet adalah platform yang tidak terbatas, relative murah dan
























                                                                                                                                                                                        mudah dipelajari.

























                                                                                                                                                                                                                                         Namun,  sayangnya  banyak  pengguna  internet  yang  tidak  bijaksana  dan  cerdas.

























                                                                                                                                                                                        Cerdas  dalam  artian  mengacu  pada  penggunaan  internet  yang  tepat  sasaran,  tepat
























                                                                                                                                                                                        manfaat dan sehat penggunaan yang dilihat dari segi konten, produsen dan konsumen.

























                                                                                                                                                                                        Selain itu, bijak dalam artian mampu memahami hak intelektual dan sesuai kebutuhan untuk

























                                                                                                                                                                                        kepentingan  yang  bermanfaat.  Pada  era  digital  saat  ini,  Indonesia  masih  mengalami
























                                                                                                                                                                                        permasalahan  dalam penetrasi  internet  yang  belum  merata, mungkin  disebabkan  oleh

























                                                                                                                                                                                        luasnya wilayah Indonesia sehingga membutuhkan waktu dan dana yang tidak sedikit untuk
























                                                                                                                                                                                        memwujudkan itu semua. Saat ini, internet baru dirasakan di kota-kota besar di Indonesia

























                                                                                                                                                                                        sementara  kota  kecil  dan  wilayah-wilayah  terpencil  masih  belum  dapat  mengakses
























                                                                                                                                                                                        kemudahan internet ini. hal ini menimbulkan kesengajangan dan pekerjaan rumah terbesar

























                                                                                                                                                                                        bagi  pemerintah.  Sesuai  dengan  penelitian  Kementrian  Komunikasi  dan  Informasi  dan

























                                                                                                                                                                                        UNICEF (2014, dalam Warsihna, 2016) khusus pulau Jawa dan Bali sudah 84% anak-anak
























                                                                                                                                                                                        pernah mengakses internet, tetapi sangat tragis untuk wilayah timur seperti NTB, NTT,

























                                                                                                                                                                                        Maluku, dan Papua baru 10% pernah akses internet. Secara umum menurut data Badan

























                                                                                                                                                                                        Pusat  Statistik,  penggunaan  internet  di  Indonesia  sudah  mencapai  71  juta, sehingga

































































                                                                                                                        Pendidikan Untuk Generasi Z                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                    21
   27   28   29   30   31   32   33   34   35   36   37