Page 28 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 28

perawatan, penjadwalan, dan mengoperasikan media menjadi masalah. Akhirnya guru engan
























                                                                                                                                                                                 untuk memaksimalkan media yang ada, selain itu media sejenis seperti program multimedia

























                                                                                                                                                                                 interaktif dan internet juga masih menjadi momok dikarenakan keterbatasan ilmu. Oleh

























                                                                                                                                                                                 karena  itu,  kedepannya  diharapkan  sekolah  harus  mempunyai  tenaga  yang  bisa
























                                                                                                                                                                                 mengoperasikan  internet,  komputer  dan  media teknologi  lainnya dengan  baik,  sehingga

























                                                                                                                                                                                 kondisi seperti ini dapat diselesaikan. Sekain itu, pendanaan yang jelas dan dianggarkan juga
























                                                                                                                                                                                 harus lebih diperhatikan. Buat apa memiliki tenaga ahli kalau pendanaan untuk media tidak

























                                                                                                                                                                                 ada, sama saja dengan nol.
























                                                                                                                                             3) Kepedulian Guru dan Kepala Sekolah

























                                                                                                                                                                                                                                         Guru  dan  kepala  sekolah  merupakan  bagian  penting  dalam  sebuah  institusi

























                                                                                                                                                                                 pendidikan, sehingga diharapkan mereka mampu menjadi pelopor yang akan menciptakan
























                                                                                                                                                                                 pendidikan yang berkualitas berbasis TIK. Namun, hal itu berbanding terbalik dengan kalimat

























                                                                                                                                                                                 tersebut,  dimana  pemanfaatan  media  pendidikan  TIK  kesannya  sangat  mahal  dan

























                                                                                                                                                                                 menakutkan  sehingga  kepala  sekolah  dan  guru  kurang  sadar  akan  pentingnya  media
























                                                                                                                                                                                 pendidikan. Penelitian Pustekkom tahun 2004, menjelaskan bahwasanya banyak guru yang

























                                                                                                                                                                                 tidak  peduli  terhadap  pemanfaatan  media  berbasis  TIK  disebabkan  belum  tahu  kalau

























                                                                                                                                                                                 mempunyai media tersebut, tidak tahu cara menggunakanya, materi yang diperlukan tidak
























                                                                                                                                                                                 ada, memanfaatkan harus pakai prosedur, belum ada jadwal pemanfaatannya, medianya

























                                                                                                                                                                                 tidak terawatt dan sudah rusak dan terakhir belum ada arahan dari kepala sekolah. Hal
























                                                                                                                                                                                 mengejutkan  dari  pernyataan  kepala  sekolah  adalah  takut  rusak,  media  dibawa  pulang

























                                                                                                                                                                                 karena di samping sekolah tidak aman, dan takut jika menggunakan media target kurikulum
























                                                                                                                                                                                 tidak terpenuhi. Itulah beberapa alasan klasik yang terjadi dilapangan disebabkan kurangnya

























                                                                                                                                                                                 kepedulian guru dan kepala sekolah.

























                                                                                                                                             4) Kondisi Perekonomian Orang Tua Siswa
























                                                                                                                                                                                                                                         Mengimplementasikan pendidikan yang berkualitas memang dambaan setiap orang.

























                                                                                                                                                                                 Beberapa sekolah bahkan demi meningkatkan kualitas pendidikan rela menagih uang spp

























                                                                                                                                                                                 yang cukup besar untuk memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran. Ini biasanya terjadi

































































                                                                                                                        Pendidikan Untuk Generasi Z                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                    17
   23   24   25   26   27   28   29   30   31   32   33