Page 27 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 27

1)                                 Keterbatasan Sarana Prasarana
























                                                                                                                                                                                            Sarana  dan  prasarana  merupakan  bagian  penting  dalam  penerapan  TIK  untuk

























                                                                                                                                     pendidikan.  Banyak  kasus  yang  terjadi  kareka  sarana  sekolah  yang  belum  memadai

























                                                                                                                                     menyebabkan  sulitnya  TIK  diterapkan.  Pustekkom  sejak  tahun  1976  suadah  membuat
























                                                                                                                                     program media pembelajaran dalam rangka menunjang proses pembelajaran. Media yang

























                                                                                                                                     dibuat  ini  berupa  kaset  audio  yang  disiarkan  melalui  kerjasama  antara  Radio  Republik
























                                                                                                                                     Indonesia pusat kemudian di salurkan kembali oleh RRI daerah. Strategi ini diujicobakan di

























                                                                                                                                     Yogyakarta dan Jawa Tengah dan menunjukkan antusias seluruh elemen sekolah, termasuk
























                                                                                                                                     peserta didik disana. Dimana adanya peningkatan akan hasil belajar siswa disana. Namun,

























                                                                                                                                     ketika sistem ini diterapkan di Kalimantan Timur, Sulaweswi Tengah, dan Nusa Tenggara

























                                                                                                                                     Barat, ternyata diluar keinginan. Banyak masalah yang terjadi, diantaranya sekolah belum
























                                                                                                                                     mempunyai pesawat radio, aliran listrik belum ada, dan siaran radio tidak bisa ditangkap

























                                                                                                                                     dengan baik oleh sekolah disana. Tentu ini menjadi permasalahan besar didunia pendidikan

























                                                                                                                                     kita. Terlihat sekali sarana prasarana belum tersebar baik di Indonesia. Kondisi ini membuat
























                                                                                                                                     daerah disana terbebani. Bagaimana mau menerapkan TIK disana, sementara kebutuhan

























                                                                                                                                     mendasar  seperti  listrik  saja  tidak  ada  disana,  sehingga  pihak  sekolah  enggan  untuk

























                                                                                                                                     menjadwalkan siaran pendidikan didaerah tersebut. Inilah tugas bersama seorang pelaku
























                                                                                                                                     pendidikan,  terutama  pemerintah  harus  memenuhi  terlebih  dahulu  sarana  prasarana

























                                                                                                                                     mendasar supaya penerapan TIK nantinya akan maksimal.
























                                                                                                 2) Keterbatasan Sumber Daya Manusia Professional dan Biaya

























                                                                                                                                                                                            Sumber daya manusia yang memiliki skill dalam penggunaan TIK terutama yang
























                                                                                                                                     terkait  dengan  media  pembelajaran  seperti  audio,  video  atau  komputer  akan  sangat

























                                                                                                                                     butuhkan.  Apalagi  sekolah  yang  mempunyai  kemampuan  yang  baik  dalam  TIK  akan

























                                                                                                                                     memudahkan proses pembelajaran. Faktanya saat ini masih banyak guru yang belum bisa
























                                                                                                                                     menggunakan media tersebut dan ditambah sulitnya pendanaan sekolah untuk memfasilitasi

























                                                                                                                                     penyediaan media tersebut. Pemanfaatan media pembelajaran menjadi kendala diterapkan

























                                                                                                                                     disekolah-sekolah tersebut karena tenaga professional didalamnya masih minim, sehingga




























































                                                              16                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                  Pendidikan Untuk Generasi Z
   22   23   24   25   26   27   28   29   30   31   32