Page 24 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 24

ruang  belajar  yang  digunakan,  wadah  untuk  berolahraga,  tempat  beribadah,  adanya
























                                                                                                                                                    perpustakaan  yang  lengkap,  adanya  tempat  hiburan,  tempat  bermain,  pusat  laboratorium,

























                                                                                                                                                    tempat  berkreasi,  serta sumber-sumber belajar  lainnya yang  dibutuhkan  untuk menunjang

























                                                                                                                                                    proses pembelajaran.
























                                                                                                                                                                                                            Apa  yang  dilakukan  oleh  pemerintah  tersebut  yang  terangkum  dalam  peraturan

























                                                                                                                                                    pemerintah menunjukkan pemerintah Indonesia sadar akan pentingnya TIK untuk pendidikan,
























                                                                                                                                                    terkhusus dalam hal pemerataan akan mutu pendidikan yang dapat dirasakan seluruh anak

























                                                                                                                                                    bangsa. Pemanfaatan dari teknologi dan komunikasi merupakan sumber media dan sumber
























                                                                                                                                                    belajar yang sangat efektif. Tentu ini bukanlah suatu omongan belaka, manajemen pendidikan

























                                                                                                                                                    sudah  merasakan  dan  membuktikan  bahwasanya  TIK  memiliki  segudang  manfaat,  untuk

























                                                                                                                                                    mewujudkan  itu  dilakukan  dalam  penyusunan  perencanaan  strategis  dari  Departemen
























                                                                                                                                                    Pendidikan Nasional tahun 2005-2009. Dalam Renstra tersebut dalam rangka peningkatan mutu

























                                                                                                                                                    dan relevansi pendidikan, sangat perlu memperhatikan dinamika perubahan sebagai salah satu

























                                                                                                                                                    sektor pembangunan nasional. Selain itu, juga harus dicermati dalam perspektif perubahan
























                                                                                                                                                    global, bahwasanya Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) memiliki perannya yang sangat

























                                                                                                                                                    menentukan keberlanjutan pendidikan.

























                                                                                                                                                                                                            Perkembangan akan industri TIK ini memiliki kekuatan dalam mengintegrasikan semua
























                                                                                                                                                    elemen, mulai dari teknologi telekomunikasi, komputer, informasi telah memasuki sektor-sektor

























                                                                                                                                                    strategis pembangunan. Kita melihat, secara fundamental dan sistematis mampu membawa
























                                                                                                                                                    perubahan yang signifikan pada aspek-aspek kreatif, inovasi, nilai-nilai dan kultur secara cepat.

























                                                                                                                                                    Maka apabila strategi pembangunan pendidikan tanpa memperhatikan TIK, maka pengembangan
























                                                                                                                                                    pendidikan akan kehilangan kontekstualitas dan relevansinya, baik pada aspek profesionalitas

























                                                                                                                                                    pengelolaan pendidikan maupun mutu pembelajaran (Warsihna, 2005). Sebenarnya peningkatan

























                                                                                                                                                    pendidikan  melalui  TIK  ini  sudah  jauh  hari  dilakukan  oleh  negara-negara  maju.  Sebut  saja
























                                                                                                                                                    Singapura pada tahun 1997 sudah menggelontorkan uang yang cukup besar untuk pengadaan

























                                                                                                                                                    komputer untuk setiap siswa dalam rentang lima tahun dan menerapkan TIK berbasis interaktif

























                                                                                                                                                    pada  semua  sistem  sekolah  disana.  Selain  itu,  ada  Cina  yang  sangat  kreatif  dan  inovatif

































































                                                                                                                        Pendidikan Untuk Generasi Z                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                    13
   19   20   21   22   23   24   25   26   27   28   29