Page 19 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 19

meliputi; (a) bersifat jujur dan bisa diandalkan; (b) sangat dipercaya dan selalu hadir tepat
























                                                                                              waktu; (c) memiliki kemampuan adaptasi yang baik; (d) mampu berkolaborasi dengan semua

























                                                                                              pihak;  (e)  menunaikan  kewajiban  semestinya;  (f)  mempunyai  motivasi  yang  besar  dalam

























                                                                                              memperbaiki diri dan meningkatkan kemampuan; (g) menghargai dirinya sebagai mahluk yang
























                                                                                              bernilai; (h) mampu berkomunikasi dengan baik; (i) bekerja sangat optimal; (j) menyelesaikan

























                                                                                              masalah dengan baik dan tuntas; (k) cerdas secara intelektual; (l) memahami situasi dengan
























                                                                                              baik; (m) serta mempunyai kemampuan matematis yang mumpuni.

























                                                                                                                                                      Jadi dengan adanya karakter akan tercipta suatu pertumbuhan yang komprehensif yang
























                                                                                              saling berhubungan dan berkesinambungan. Karakter akan mampu memberikan konsistensi,

























                                                                                              integritas, dan power full energy dalam mewujudkan karakter yang kuat dan memiliki ciri khas,

























                                                                                              sehingga tujuan yang dirancang dalam sebuah pendidikan terwujud. Namun sebaliknya, karakter
























                                                                                              yang masih  lemah akan memberikan  ruang  Gerang  yang  terbatas  dalam  berbagai kondisi,

























                                                                                              karena tidak mampu melakukan ekspansi untuk menarik orang lain buat melakukan kerja sama

























                                                                                              dengannya. Menurut hemat penulis, pengertian diatas yang telah dijabarkan dapat disimpulan
























                                                                                              adalah suatu kualitas yang menjadi kekuatan mental atau moral, akhlak dan tingkah laku, budi

























                                                                                              pekerti  suatu  invidu  yang  dimiliki  secara  khusus  yang  menjado  motor  penggerak  dalam

























                                                                                              membedakan satu individu dengan individu lainnya. Seseorang dikatakan berkarakter, apabila
























                                                                                              telah  berhasil  menerapkan  nilai-nilai,  norma-norma  serta  keyakinan  yang  sudah  menjadi





























































































































































































































































                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                            Gambar 2. Pengembangan Nilai-nilai Karakter













                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                        (Sumber: www.manajemenpendidikan.net)






























                                                                                 8                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                          Pendidikan Untuk Generasi Z
   14   15   16   17   18   19   20   21   22   23   24