Page 17 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 17
biasanya juga berkaitan dengan sifat-sifat yang relatif tetap (Gulo, 1982). Secara harfiah
karakter dapat dimaknai sebaai kualitas mental dan moral, kekuatan moral, nama serta reputasi
yang orang tersebut (Hornby & Parnwell, 1972). Lain hal, menurut Kamisa (1997) yang
mengartikan mempunyai watak dan kepribadian yang dijunjung tinggi.
Suatu pendidikan memiliki goals peningkatan mutu penyelenggaraan dan hasil
pendidikan dalam berbagai jenjang di sekolah, tentunya mengarah pada pencapaian hasil yang
maksimal melalui pembentukan karakter dan akhlak mulia secara komprehensif dimana utuh,
terpadu, seimbang, serta sesuai dengan standar kompetensi lulusan yang diharapkan
(Warsihna, 2011). Pendidikan karakter diharapkan mampu secara mandiri dan independen untuk
meningkatkan dan menggunakan pengetahuan, menelaah dan mengkaji, menginternalisasi dan
mempersonalisasi nilai-nilai karakter dan akhlak mulia dengan diwujudkan dalam kehidupan
perilaku sehari-hari peserta didik. Apabila hal ini sudah diimplementasikan, maka bangsa kita
akan cepat maju menjadi bangsa yang setara dengan negara-negara maju. Kita akan sulit
menemukan tindakan kejahatan, KKN (korupsi, kolusi, dan nepotisme) serta perilaku buruk lainya
yang menjatuhkan bangsa kita. Pendidikan karakter ini, nantinya diimplementasikan terhadap
anak-anak bangsa, dewasanya mereka akan siap bertarung dalam menghadapi kehidupan real
dalam kondisi apapun dan tetap menjaga citra dan orang Indonesia yang sejati. Kenapa penulis
menekankan ini? Karena kita ketahui bangsa-bangsa yang besar dan pernah mengukir sejarah
sampai saat ini mampu mengharumkan nama bangsanya dan bahkan menjadi jati diri dari
bangsanya itu sendiri. Misalnya, kita mengenal orang Jepang sebagai orang yang sangat disiplin,
pekerja keras dan pantang mengeluh, contoh lain orang Arab dikenal sebagai orang yang taat
beragama sehingga terlihat sangat religius dan lain sebagainya.
Tujuan dilaksanakannya pendidikan karakter adalah untuk mendapatkan pserta didika
yang mampu secara mandiri mengoptimalkan pengetahuan yang mereka miliki, mendalami dan
mengimplementasikan serta mampu memberdayakan nilai-nilai kebaikan dan akhlak mulia
dalam bertindak di kehidupan sehari-hari. Jika kondisi tersebut tercipta, maka harapannya
Indonesia akan menjadi bangsa yang maju terutama tidak ditemukannya berbagai tindakan
6 Pendidikan Untuk Generasi Z