Page 17 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 17

biasanya  juga  berkaitan  dengan  sifat-sifat  yang  relatif  tetap  (Gulo,  1982).  Secara  harfiah
























                                                                                                     karakter dapat dimaknai sebaai kualitas mental dan moral, kekuatan moral, nama serta reputasi

























                                                                                                     yang  orang  tersebut  (Hornby  &  Parnwell,  1972).  Lain  hal,  menurut  Kamisa  (1997)  yang

























                                                                                                     mengartikan mempunyai watak dan kepribadian yang dijunjung tinggi.
























                                                                                                                                                             Suatu  pendidikan  memiliki  goals  peningkatan  mutu  penyelenggaraan  dan  hasil

























                                                                                                     pendidikan dalam berbagai jenjang di sekolah, tentunya mengarah pada pencapaian hasil yang
























                                                                                                     maksimal melalui pembentukan karakter dan akhlak mulia secara komprehensif dimana utuh,

























                                                                                                     terpadu,  seimbang,  serta  sesuai  dengan  standar  kompetensi  lulusan  yang  diharapkan
























                                                                                                     (Warsihna, 2011). Pendidikan karakter diharapkan mampu secara mandiri dan independen untuk

























                                                                                                     meningkatkan dan menggunakan pengetahuan, menelaah dan mengkaji, menginternalisasi dan

























                                                                                                     mempersonalisasi nilai-nilai karakter dan akhlak mulia dengan diwujudkan dalam kehidupan
























                                                                                                     perilaku sehari-hari peserta didik. Apabila hal ini sudah diimplementasikan, maka bangsa kita

























                                                                                                     akan  cepat maju menjadi  bangsa yang  setara dengan  negara-negara maju.  Kita akan  sulit

























                                                                                                     menemukan tindakan kejahatan, KKN (korupsi, kolusi, dan nepotisme) serta perilaku buruk lainya
























                                                                                                     yang menjatuhkan bangsa kita. Pendidikan karakter ini, nantinya diimplementasikan terhadap

























                                                                                                     anak-anak bangsa, dewasanya mereka akan siap bertarung dalam menghadapi kehidupan real

























                                                                                                     dalam kondisi apapun dan tetap menjaga citra dan orang Indonesia yang sejati. Kenapa penulis
























                                                                                                     menekankan ini? Karena kita ketahui bangsa-bangsa yang besar dan pernah mengukir sejarah

























                                                                                                     sampai saat ini mampu mengharumkan nama bangsanya dan bahkan menjadi jati diri dari
























                                                                                                     bangsanya itu sendiri. Misalnya, kita mengenal orang Jepang sebagai orang yang sangat disiplin,

























                                                                                                     pekerja keras dan pantang mengeluh, contoh lain orang Arab dikenal sebagai orang yang taat
























                                                                                                     beragama sehingga terlihat sangat religius dan lain sebagainya.

























                                                                                                                                                             Tujuan dilaksanakannya pendidikan karakter adalah untuk mendapatkan pserta didika

























                                                                                                     yang mampu secara mandiri mengoptimalkan pengetahuan yang mereka miliki, mendalami dan
























                                                                                                     mengimplementasikan  serta  mampu  memberdayakan  nilai-nilai  kebaikan  dan  akhlak  mulia

























                                                                                                     dalam bertindak di kehidupan sehari-hari. Jika kondisi tersebut tercipta, maka harapannya

























                                                                                                     Indonesia akan menjadi bangsa yang maju terutama tidak ditemukannya berbagai tindakan




























































                                                                 6                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                            Pendidikan Untuk Generasi Z
   12   13   14   15   16   17   18   19   20   21   22