Page 14 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 14
1. Pendahuluan
Memperhatikan berita di Republika di atas, kita sebagai guru, praktisi pendidikan,
pemerhati pendidikan, atau masyarakat timbul pertanyaan, 40% tersebut pesebarannya di
mana?
Pertanyaan selanjutnya, dengan jumlah tersebut di mana posisi sekolah kita, sekolah
anak saya, sekolah cucu saya?
Pertanyaan-pertanyaan selanjutnya tentu saja masih banyak lagi, dan yang paling
penting yaitu:
Apa yang harus kita lakukan dalam pemanfaatan TIK untuk
peningkatan mutu pendidikan di sekolah?
Hal ini timbul dengan kesadaran bahwa Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
memiliki begitu banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari awal kita bangun di
subuh hari sampai tidur kembali di malam hari, yang namanya TIK tidak dapat terpisahkan. Salah
satu sektor kehidupan yang mendapatkan peran besar dari adanya pemanfaatan TIK ini adalah
pendidikan. Pendidikan yang menjadi sumber ilmu pengetahuan sudah selayaknya berkembang
pesat dan cepat belajar dengan TIK dalam rangka menunjang pendidikan. Apalagi sudah banyak
penelitian yang mengungkapkan bahwasanya TIK didayagunakan mampu meningkatkan mutu
pendidikan. Berbagai belahan negara didunia-pun sudah membuktikan itu. Indonesia sendiri,
saat ini sudah begitu antusias dalam penerapan TIK untuk pendidikan, terutama pendidikan
berbasis karakter.
Pendidikan berbasis karakter yang dicanangkan sejak tahun 2011 oleh Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan ini dituntut untuk dapat mendorong peserta didik memiliki
kepribadian yang khas di mana kokoh jiwanya dan juga memiliki karakter yang kuat. Harapannya
Pendidikan Untuk Generasi Z 3